Senin 23 Oct 2023 11:58 WIB

Masalah Kaki yang Umum Dialami Banyak Orang dan Cara Mengatasinya

Masalah kaki paling sering terjadi akibat gesekan dan tekanan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Kukuk kaki (ilustrasi). Kaki termasuk bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam hidup seseorang, jadi sangat penting untuk merawatnya agar tetap sehat.
Foto: www.freepik.com
Kukuk kaki (ilustrasi). Kaki termasuk bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam hidup seseorang, jadi sangat penting untuk merawatnya agar tetap sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaki termasuk bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam hidup seseorang, jadi sangat penting untuk merawatnya agar tetap sehat. Dengan perawatan tepat, seseorang dapat meminimalisasi "stres" yang bisa dialami kaki sehingga kondisinya tak terganggu.

Asisten profesor bedah ortopedi di Baylor College of Medicine di Houston, Ronald Lepow, mengatakan bahwa masalah kaki paling sering terjadi akibat gesekan dan tekanan. Oleh sebab itu, memilih alas kaki yang tepat dan nyaman untuk beraktivitas sehari-hari sangat krusial.

Baca Juga

"Masalah umum yang dihadapi orang-orang antara lain hammertoes, lecet, plantar fasciitis, dan bunion. Beberapa di antaranya mudah diatasi, namun ada pula yang perlu penanganan dokter spesialis," kata Lepow, dikutip dari laman HealthDay, Senin (23/10/2023).

Hammertoes atau jari kaki palu adalah kondisi ketika jari kaki melekuk secara tidak normal pada sendi tengah. Kondisi tak menyenangkan ini biasanya terjadi akibat seseorang terlalu sering mengenakan sepatu hak tinggi atau ujung sepatu yang sempit.

 

Sementara itu, bunion bisa terbentuk di jempol kaki, menyebabkan jari berbelok ke dalam. Dalam beberapa kasus, bunion diturunkan dalam satu keluarga. Bisa juga terjadi akibat kondisi arthritis. Rasa sakit dan keparahan dapat meningkat karena alas kaki yang buruk.

Plantar fasciitis merupakan peradangan kumpulan jaringan tebal di bagian bawah kaki, tepatnya di area yang menghubungkan tulang tumit ke jari kaki. Selain itu, gangguan umum lain adalah kaki lecet, rasa gatal dan perih di sela-sela jari kaki, bau kaki, serta jamur kuku.

Untuk menghindari itu semua, secara umum bisa dengan memilih sepatu yang memiliki kotak jari kaki lebar dan dalam, supaya jari-jari kaki bisa leluasa bergerak saat seseorang berdiri, berjalan, atau dalam kondisi istirahat. Sepatu pun harus memilili rongga untuk pertukaran udara.

Gunanya, untuk mengendalikan keringat berlebih pada kaki dan mencegah bau kaki. Orang yang memiliki lengkungan kaki rendah atau tinggi bisa mendapatkan keuntungan dari sepatu dengan sisipan ortotik. Lengkungan kaki adalah area antara tumit dan telapak kaki.

Orang dewasa yang lebih tua mungkin berisiko lebih tinggi mengalami masalah kaki osteoartritis, yang dapat menyebabkan kelainan bentuk sendi. Ini memungkinkan terbentuknya taji tulang di tumit atau bagian kaki lainnya. Pemakaian sepatu khusus, suntikan kortison, terapi fisik, dan ortotik yang dibuat khusus dapat membantu.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement