Kamis 06 Aug 2015 11:56 WIB

Atur Nafas dengan Benar Bantu Redakan Stres

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Stress (ilustrasi)
Foto: under30ceo.com
Stress (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Manusia hidup tentu memiliki berbagai masalah, terkadang masalah tersebut sulit sekali untuk dihindari bahkan menemukan jalan keluar atau solusinya.

Stres nerupakan puncak dari berbagai masalah yang bisa menimbulkan depresi, kita tahu bahwa depresi tidak baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa.

Berikut tips sederhana untuk menghilangkan stres seperti yang dilansir di laman Fitene Kamis (6/8).

Senderkan sesaat kepala Anda ke bantal

Anda tidak perlu tidur siang untuk bersantai dan merelaksasi otak serta saraf, cukup meletakkan kepala di atas bantal beberapa menit ketika berada di kantor. Sementara meletakkan kepala Anda di atas bantal, dapat menghasilkan hasil yang lebih baik hanya menggunakan teknik visualisasi tersebut. Bayangkan saja bantal tersebut memiliki kekuatan magis untuk menyedot semua stres Anda.

Bernapas dengan benar

Ini mungkin terdengar sederhana sekali dan tidak ada gunanya. Banyak orang tidak menyadari bahwa dengan mengubah pola napas dapat mengontrol tubuh dan pikiran. Ambil perlahan napas secara dalam-dalam dan keluarkan melalui mulut, hal itu akan menurunkan tekanan darah serta mengatur detak jantung Anda. Untuk mengurangi kecemasan, cobalah mengambil napas panjang dari lubang hidung dan biarkan keluar melalui mulut. Metode yoga ini akan bekerja untuk menyeimbangkan pikiran dan tubuh.

Menghitung mundur

Ini merupakan cara menarik untuk membuat santai saraf Anda. Yang harus dilakukan adalah menghitung mundur, tidak harus mulai dari angka 100. Perlahan-lahan menghitung sampai sepuluh dan kemudian kembali ke satu lagi. Ini adalah cara sederhana untuk meringankan tingkat stres yang ada dalam diri Anda.

Pijat tangan Anda

Tidak perlu seorang tukang pijat profesional untuk melakukuan hal ini. Gunakan satu tangan Anda untuk memijat tangan lainnya. Mulailah memijat dari jempol dan celah jari, hal ini akan membantu menghilangkan stres dan rasa sakit pada leher, bahu, dan kepala.

Mencoba Akupresur

Sama seperti pijat, akupresur bekerja untuk menyeimbangkan sirkulasi energi dan cairan dalam tubuh. Gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk memijat daerah lunak yang ada di antara jempol dan telunjuk. Coba gunakan lotion lavender untuk menikmati hasil yang berbeda untuk relaksasi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement