Jumat 31 Jul 2015 09:39 WIB

Discover Indonesia, Bentuk Seniman Inggris Kagumi Budaya Nusantara

Preskon Discover Indonesia di Kementerian Pariwisata Jakarta
Preskon Discover Indonesia di Kementerian Pariwisata Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga kelompok kesenian Indonesia terpilih untuk mempromosikan Wonderful Indonesia dalam bidang seni dan budaya di Inggris. Hal ini menjadi kesempatan bagus untuk mengenalkan seni budaya Indonesia ke mata dunia.

Dijelaskan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, keberangkatan tur tim kesenian Indonesia ini untuk merespons undangan dari beberapa pengelola festival dan gedung kesenian di Inggris yaitu C Venues Edinburgh-Inggris, Southbank Centre London-Inggris, Cryptic Glasgow-Skotlandia, Wales Millennium Centre Cardiff-Wales.

Mereka pernah terbang ke Indonesia untuk menyaksikan event IPAM (Indonesia Performing Arts Market) 2013. "Mereka terpesona dengan seni budaya Indonesia dengan segala keunikan dan warna warninya baik tradisional maupun kontemporer lalu memutuskan untuk bekerja sama membuat festival khusus tentang Indonesia bertajuk Discover Indonesia," kata Menpar Arief Yahya saat jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Kamis (30/7).

Untuk melengkapi acara tersebut selain pentas musik juga digelar workshop dan artists talk oleh para seniman Indonesia bersama komunitas seni lokal dan khalayak umum di Inggris. Selain grup kesenian dari Indonesia, tiap pengelola itu juga menghadirkan grup-grup kesenian lokal, yang juga akan menampilkan karya-karya Indonesia.

Bahkan, rumah produksi seni Cryptic di Glasgow secara terpisah telah merancang sebuah program residensi dan pameran seni rupa untuk Jompet Kuswidananto, pameran fotografi, pemutaran film, diskusi sastra, serta bazaar kuliner Indonesia.

"Saya telah dan selalu terkesima dengan keragaman dan kekayaan warisan budaya Indonesia, yang sayangnya jarang sekali kami temui di negeri kami, Inggris Raya. Dalam memprogram Discover Indonesia, kami memilih berbagai kreasi yang menggairahkan untuk kami rangkai ke dalam satu payung kegiatan, dengan harapan dapat mengembangkan lebih jauh karya-karya semacam ini, yang merupakan tautan budaya penting di masa mendatang," kata Cathie Boyd, Direktur Artistik Cryptic dalam kesempatan yang sama.

Tiga grup kesenian Indonesia yang beruntung tersebut adalah Kande (musik rock etnik dari Aceh), Papermoon Puppet Theater (teater boneka kontemporer dari Jogja), dan Soerya Soemirat (sanggar tari klasik Jawa dari keraton Mangkunegaran Solo). Ketiganya akan mempromosikan Wonderful Indonesia dalam pentas keliling mereka di kota besar negara bagian Inggris Raya pada Agustus-September 2015 mendatang dalam acara UK National Tour 2015- Discover Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement