Jumat 31 Jul 2015 07:18 WIB

Sebentar Lagi, Pantai Brighton akan Bebas dari Asap Rokok

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Pantai Brighton INggris
Foto: Dailymail
Pantai Brighton INggris

REPUBLIKA.CO.ID, BRIGHTON -- Pelarangan merokok di tempat umum menjadi pembahasan serius di Inggris. Tempat yang telah melakukan kajian khusus pelarangan merokok di pantai adalah Brighton.

Diketahui bahwa Brighton dan Hove merupakan tempat yang telah menerapkan larang merokok di pantai dan taman umum. Larang ini pekan lalu mendapatkan kajian lebih lanjut untuk diperpanjang atau justru dihapuskan.

Akan menjadi suatu kegiatan ilegal jika peraturan tersebut disahkan dan Brighton bersiap menjadi kota pertama di Inggris yang menetapkan larangan merokok di pantai.

Keputusan ini menuai begitu banyak pro dan kontra. Berbagai pihak dari kubu yang berbeda memperdebatkan keputusan yang akan ditetapkan tersebut.

"Perokok harus merokok dengan bertangungjawab dengan mempertimbangkan orang lain di sekitar mereka, tapi memperpanjang larangan merokok untuk ruang terbuka itu tidak perlu, tidak adil dan merupakan serangan pada kebebasan individu," ujar Simon Clark selaku direktur grup Forest dilansir dari Dailymail, Kamis (30/7).

Ia menjelaskan bahwa merokok di udara terbuka memiliki risiko bagi kesehatan orang lain selain perokok itu sendiri. Ditambah lagi bahwa tembakau merupakan produk legal dan perokok menyumbang 10 miliar per tahun bagi perpajakan tembakau.

Sejak 2007, larangan merokok nasional di Inggris telah menetapkan bahwa merokok di tempat kerja, dan tempat umum lainnya yang tertutup merupakan tindakan ilegal. Larangan itu melangkah lebih jauh pada bulan Oktober dengan menerapkan larang merokok di dalam mobil yang membawa anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement