Selasa 28 Jul 2015 06:43 WIB

Dandelion, Makanan Super Paling Kini

Rep: MGROL 40/ Red: Indira Rezkisari
Dandelion
Foto: pixabay
Dandelion

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah bertahun-tahun namanya berada di belakang sayuran lainnya, Dandelion akhirnya mendapatkan perhatian yang besar. Kini dandelion mulai muncul di berbagai hidangan sehat seperti smoothies, salad, sebagai kaldu sup, dan bahkan sebagai hiasan untuk hidangan gurih seperti pasta dan risotto.

Meskipun memiliki citarasa yang pahit, namun tanaman tersebut memiliki gizi yang tinggi. Rendah kalori, kaya akan mineral dan vitamin merupakan keunggulan dari tanaman ini.

Dilansir dari laman Shape, Selasa (28/7), tanaman tersebut memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi tanaman tersebut adalah menurunkan berat badan.

Pada kenyataannya, Dandelion mengandung vitamin A, B, C, dan D serta mineral termasuk potasium, zat besi, dan seng dan fitonutrien seperti beta-karoten. "Zar besi membantu transportasi oksigen ke seluruh tubuh dan seng

merupakan antixoidant kuat yang membantu dengan menjaga kadar hormon biasa," kata Dana Kofsky, ahli gizi berlisensi dan konsultan kesehatan perusahaan yang berbasis di Los Angeles.

"Kalium membantu mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko stroke," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement