Senin 19 Jun 2023 14:03 WIB

Daftar Makanan Super yang Disukai Rasulullah

Makanan super halal berperan menjaga serta mempertahankan kesehatan manusia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kurma termasuk dalam daftar makanan super yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat.
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Kurma termasuk dalam daftar makanan super yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Nabi Muhammad SAW merekomendasikan makanan tertentu yang enak dan bermanfaat bagi manusia, seperti kurma, delima, zaitun, buah ara, anggur dan jintan hitam. Belakangan ini, para ilmuwan telah mempelajari makanan ini dan menemukan bahwa mereka memiliki peran dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan manusia.

Tak hanya memberi nutrisi pada tubuh, para ilmuwan juga telah menemukan bahwa makanan super ini memiliki “spektrum luas tindakan farmakologisnya yang meliputi antidiabetes, antikanker, modulator kekebalan, analgesik, antiinflamasi, dan sifat hepatoprotektif.”

Baca Juga

Berikut ini adalah enam makanan super halal dan juga perannya dalam menjaga serta mempertahankan kesehatan manusia, dilansir dari Halal Times, Senin (19/6/2023).

Pertama, kurma. 

Kurma mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat. Sifat obat termasuk polifenol agen anti-kanker. Buah ini juga dapat membalikkan dan menyembuhkan toksisitas hati. Rendah pada indeks glikemik, ekstrak kurma terbukti mengembalikan fungsi hati pada tikus diabetes.

 

Kedua, delima. 

Ada banyak bukti bahwa buah delima dapat membantu gen dan protein menekan kanker. Delima menghambat mutagen. Penelitian tentang kehilangan memori menunjukkan bahwa buah delima tidak hanya menambah fungsi memori tetapi juga menghambat hilangnya memori, diabetes. Ada juga bukti klinis bahwa sejumlah kecil jus atau ekstrak buah delima dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

Ketiga, anggur. 

Buah yang direkomendasikan oleh Nabi Muhammad SAW ini mengandung manfaat antara lain flavonoid, asam fenolik, dan resveratrol. Unsur-unsur ini telah terbukti mendukung kesehatan jantung yang baik.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat menurunkan tekanan darah. Banyak studi klinis menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur dapat melindungi kulit, prostat, kepala, leher, dan paru-paru dari kanker.

 

Keempat, jintan hitam (habbatussauda).

Ini dikenal dengan nama Nigella Sativa atau black cumin. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Habbatussauda dapat menyembuhkan segala penyakit, kecuali kematian”.

Studi di Tokyo menunjukkan bahwa habbatussauda melawan tiga garis kanker. Studi lain menunjukkan efek anti-diabetes pada tikus. Baru-baru ini telah ditemukan sebagai pengobatan yang bermanfaat untuk gangguan kulit seperti hipopigmentasi atau vitiligo.

 

Kelima, buah tin. 

Kulit kayu, batang, daun, dan buah tin diketahui mengandung khasiat obat. Beberapa penelitian menunjukkan efek penghambatannya pada kanker. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah tin memiliki efek menghambat diabetes pada tikus. Ekstraknya juga  dapat membantu dalam perawatan berbagai kondisi kulit.

 

Keenam, zaitun. 

Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Makan minyak zaitun dan pijat di tubuh Anda karena itu adalah pohon yang diberkati”. Nabi juga bersabda bahwa pohon zaitun mengandung 70 berkah.

Zaitun dan minyak zaitun memiliki efek perlindungan terhadap beberapa bentuk kanker—terutama bila dikombinasikan dengan diet Mediterania yang terdiri dari sedikit daging, karbohidrat, dan makanan olahan. Minyak zaitun juga ditemukan sebagai anti-inflamasi, analgesik, dan penghalang kehilangan memori. Ini juga meningkatkan metabolisme glukosa pada tikus diabetes.

 

Ketujuh, labu.

Di antara semua makanan lainnya, Nabi Muhammad SAW menyukai labu.Abu'l-Hasan bin Dahhaq meriwayatkan dari Aisyah bahwa Nabi Muhammad SAW berkata: “Ya Aisyah ketika Anda memasak, tambahkan labu banyak-banyak”.

Labu mengandung beta karoten, vitamin, C, E, besi, dan folat yang tinggi. Mereka baik untuk mata, dan kulit, serta melindungi dari kanker tertentu. Mereka juga tinggi serat, bagus untuk menurunkan berat badan, dan serbaguna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement