Senin 27 Jul 2015 11:08 WIB

Begini Langkah Mudah Melepas Diri dari Tekanan Pekerjaan

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Tertekan karena pekerjaan (Ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Tertekan karena pekerjaan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Tekanan yang dialami diri ketika melakukan sesuatu dalam pekerjaan atau kegiatan rumah akan menimbulkan stres. Perasaan tersebut begitu akan mengganggu segala aktivitas yang akan dikerjakan.

Anda merasa seperti di dalam pressure cooker yang membuat hawa semakin panas dan membangun ketegangan, apalagi dalam dunia pekerjaan. Terlebih lagi jika Anda tidak bisa keluar dari pekerjaan itu karena masih terikat kontrak atau ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan.

Dilansir dari Huffingtonpost, Senin (27/7), berikut ini cara mengolah pikiran agar Anda bisa mengatasi keadaan buruk yang membuat pikiran semakin tertekan.

Pertama, perhatikan tubuh Anda ketika mulai emosi dan stres. Apakah ada tanda-tanda yang menunjukan itu, seperti jantung berdegub lebih cepat atau hal lainnya. Dengan mengenali emosi dalam kesadaran Anda, ini berarti satu langkah Anda untuk menggagalkan rasa stres.

Kedua, saatnya melacak penyebab perasaan tidak menyenangkan tersebut dengan pikiran Anda. Anda harus mengetahui alasan perasaan emosi itu muncul, apakah karena Anda merasa bekerja lebih daripada yang lain, atau Anda merasa diperlakukan tidak adil. Kenali penyebab tersebut secara benar.

Ketiga, pikirkan apakah memang alasan-alasan itu benar terjadi pada Anda. Jangan biarkan pikiran buruk itu mengendalikan Anda. Setelah mengetahui kebenaran dari alasan-alasan tersebut, Anda bisa memutuskan untuk mengambil langkah sederhana agar mendapatkan kembali keseimbangan pikiran. Anda juga bisa melakukan pernapasan dan perenggangan pada tubuh agar pikiran lebih rileks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement