Jumat 03 Jan 2020 19:26 WIB

Studi: Menyimpan Tanaman di Meja Kerja Bisa Kurangi Stres

Tanaman bisa meningkatkan kesehatan mental karyawan yang bekerja dalam ruangan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja kantoran. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Pekerja kantoran. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi menyebutkan bahwa menyimpan tanaman kecil di atas meja kerja, bisa membantu mengurangi stres ketika bekerja. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hort Technology itu mengeksplorasi penggunaan tanaman untuk meningkatkan kesehatan mental di antara karyawan yang bekerja di dalam ruangan.

"Saat ini, tidak begitu banyak orang yang sepenuhnya memahami dan memanfaatkan pemulihan stres dengan tanaman di tempat kerja," kata peneliti studi Masahiro Toyoda dari University of Hyogo Jepang dilansir Times Now News, Jumat (3/1).

Baca Juga

 

"Untuk memperbaiki situasi itu, kami memutuskan untuk memverifikasi dan memberikan bukti ilmiah terkait efek pemulihan stres dengan tanaman di kantor," kata Toyoda.

Untuk temuan ini, tim peneliti menyelidiki perubahan stres psikologis dan fisiologis sebelum dan setelah menempatkan tanaman di meja pekerja. Peneliti melibatkan 63 pekerja kantoran di Jepang.

Para peserta diarahkan untuk beristirahat 3 menit sambil duduk di meja mereka ketika mereka merasa lelah. Ada dua fase penelitian yaitu periode kontrol tanpa tanaman dan periode intervensi ketika para peserta dapat melihat dan merawat tanaman kecil.

Para peneliti mengukur tekanan psikologis pada peserta menggunakan Inventarisasi Kecemasan State-Trait. Terbukti setelah peserta istirahat 3 menit dan "berinteraksi" dengan tanaman, mereka lebih rileks dan denyut nadinya menurun secara signifikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memverifikasi efek mengurangi stres dari melihat dan merawat tanaman, ketika seorang pekerja merasa kelelahan selama jam kerja. Hasilnya terbukti bahwa menempatkan tanaman kecil dalam jarak dekat berkontribusi pada pengurangan stres psikologis pekerja.

Adapun tanaman yang bisa disimpan di atas meja boleh saja yang cukup dengan tempat yang tersedia. Boleh tanaman bonsai, san pedro cactus, tanaman dedaunan, kokedama, atau echeveria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement