Kamis 23 Jul 2015 17:27 WIB

Libur Lebaran Ini Kunjungan Wisatawan ke Banten Naik 100 Persen

Rep: Hilman Fauzi/ Red: Winda Destiana Putri
menikmati banana boat di pantai Carita.
Foto: Casilda Amilah
menikmati banana boat di pantai Carita.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kunjungan wisatawan ke Provinsi Banten pada saat libur Lebaran tahun 2015 ini tercatat meningkat sebanyak 100 persen.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 25 juta orang, tahun ini kunjungan wisatawan ke Banten mencapai 50 juta orang.

Ketua PHRI Banten Ahmad Sari Alam mengatakan, jumlah tersbut berpotensi meningkat, karena masih ada tiga hari libur hingga Ahad (26/7) yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur.

"Peningkatan kunjungan wisata ini berdampak pada peningkatkan perekonomian masyarakat di Banten, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan wisatawan di Banten, yaitu banyaknya wisatawan yang mulai beralih ke Pantai Anyar, Carita dan tempat wisata di Banten lainnya," katanya kepada wartawan, Kamis (23/7).

Selain itu, lanjut Ahmad, faktor lainnya seperti kondisi jalan ke sejumlah areal wisata di Banten lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan, faktor lainnya adalah libur Lebaran bersamaan dengan libur sekolah.

"Alasan menghindari kemacetan di tempat wisata lain, juga turut memengaruhi peningkatan kunjungan ke Banten. Tentu saya yang paling utama, Banten memiliki tempat wisata menarik yang tidak kalah dengan daerah lain," ujarnya. 

Sementara itu, terkait perputaran uang selama Lebaran, Ahmad mengaku, belum dapat memastikan, karena, Kata Ahmad, puncaknya bakal terjadi kembali pada hari minggu mendatang dimana hari terkahir libur baik para pelajar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement