Ahad 19 Jul 2015 17:03 WIB

Cara Manis Menghindari Konsumsi Junk Food

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Makanan cepat saji atau junk food.
Foto: pixabay
Makanan cepat saji atau junk food.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyaknya gerai makanan cepat saji atau junk food membuat sulitnya menemukan makanan yang menyehatkan.

Junk food memang lebih murah, lezat dan siap saji, namun mereka sangat tidak baik untuk kesehatan. Menurut pakar, mengonsumsi junk food akan menimbulkan pelbagai macam penyakit, masalah berat badan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut dilansir Womanitely Ahad (19/7) cara untuk melawan agar tidak mengonsumsi junk food.

Perbanyak Makan Sayuran

Menambahkan sayuran dalam menu diet harian bisa menjadi suatu tantangan. Konsumsi lah sayuran untuk kesehatan Anda, perlahan kebiasaan mengonsumsi junk food akan berkurang. Sayuran yang tinggi nutrisi membantu mencegah Anda makan berlebihan dari makanan yang tidak sehat.

Pilihlah Buah-buahan

Jika Anda tidak bisa makan sayuran mentah, maka pastikan Anda makan lebih banyak buah. Anda dapat menikmati buah favorit seperti jeruk, pisang, stroberi, ceri, apel, dan mangga. Atau memilih makanan ringan berbasis buah-seperti salad buah segar, yoghurt dengan buah, atau smoothie buah untuk mengurangi rasa lapar. Tidak hanya melawan keinginan untuk makan junk food, Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Lakukan Aktifitas

Banyak dari kita mengonsumsi junk food saat kita bosan, stres atau depresi. Alih-alih makan tubuh cepat lapar dan akan berdampak ke berat badan. Berjalan-jalan, melakukan beberapa jongkok atau menekuk lutut, bermeditasi atau berjalan berguna untuk memerangi stres dan kecemasan. Ini juga berdampak baik menghilangkan rasa lapar yang berlebihan dan memerangi junk food.

Meningkatkan Asupan Sayuran

Sayuran diperkaya dengan nutrisi penting, termasuk magnesium yang dapat membantu tubuh menggunakan protein, lemak, dan karbohidrat dari makanan yang Anda makan. Hal ini, juga dapat membantu menurunkan gula darah, meningkatkan metabolisme dan mencegah keinginan makan junk food selamanya. Nikmati jus sayuran atau smoothie dengan memasukkan sedikit sayuran ke dalam menu sehat Anda tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement