Kamis 16 Jul 2015 08:38 WIB

Waktu Terbaik Sikat Gigi untuk Anak

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Sikat gigi anak dengan benar
Foto: theparentvortex.com
Sikat gigi anak dengan benar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Pada masa pertumbuhan, anak kerap kali susah untuk diajarkan menyikat giginya terlebih lagi jika sudah malas, disini peran orang tua untuk menjaga kesehatan gigi pada anak.

Menurut Drg. Falah Kartikawati SpKGA waktu terbaik untuk menyikat gigi pada anak dua kali sehari saat malam sebelum tidur dan pagi hari setelah makan.

Untuk siang hari setelah makan atau setelah ngemil, biasakan anak untuk berkumur dengan air putih. Berkumur akan menghilangkan sisa makanan di sela gigi. Juga untuk menetralkan tingkat keasaman rongga mulut.

Anak juga harus diajarkan teknik sikat gigi yang baik dan benar. "Sebaiknya sikat gigi satu jam setelah makan, kalau kurang dari satu jam dikhawatirkan terjadi abrasi pada gigi. Teknik sikat gigi utama adalah seperti mencungkil arah gusi ke gigi dan memutar. Padahal kebanyakan orang sikat gigi arah maju mundur, teknik ini salah dan bisa menyebabkan pengikisan email gigi," tutup Falah kepada ROL Rabu (15/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement