Rabu 15 Jul 2015 15:14 WIB

Ini Kegunaan Bawang Putih untuk Kesehatan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Bawang putih, salah satu peningkat daya tahan tubuh
Foto: .
Bawang putih, salah satu peningkat daya tahan tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, Bawang putih selain mampu meningkatkan cita rasa, juga bisa membuat rambut Anda menjadi indah. Bahkan bawang putih pun bisa membantu Anda mengilangkan jerawat. Nah, sebenarnya masih ada fakta lain tentang bawang putih. Apa saja manfaat lain bawang putih itu?

Meningkatkan imunitas

Salah satu alasan mengapa Anda harus mengonsumsi bawang putih karena bumbu ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, membuat Anda tidak begitu mengkhawatirkan isu musim pilek dan lainnya.

Bawang putih bekerja baik untuk sistem kekebalan tubuh terutama karena kehadiran dari begitu banyak antioksidan di dalamnya. Anda bisa membuat teh dengan memasukkan bawang putih cincang dalam air panas dan kemudian meminumnya untuk menyingkirkan flu biasa. Tambahkan sedikit madu untuk rasa.

Mengobati cold sore

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat bawang putih adalah memiliki beberapa sifat anti-inflamasi yang luar biasa. Ini bisa membantu dan meringankan rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh cold sore yang juga dikenal sebagai herpes labialis adalah suatu kondisi media yang memperlihatkan adanya lepuhan atau luka yang terasa sakit pada bagian mulut atau bibir. Anda bisa langsung menempatkan bawang putih yang dihancurkan pada cold sore Anda atau temukan suplemen bawang putih untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Meredakan psoriasis

Psioaris adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit. Dengan mengonsumsi bawang putih, Anda bisa meredakan panyakit ini. Karena bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi, bawang putih dapat bekerja keajaiban dalam mengurangi wabah psoriasis. Senyawa belerang mampu memotong peradangan. Hanya memasukan beberapa bawang putih dan minyak gosok dengan lembut di area wilayah bencana untuk mendapatkan kulit bebas ruam. Juga  termasuk dalam diet Anda jika Anda menderita penyakit autoimun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement