Jumat 10 Jul 2015 21:21 WIB

Mengobati Sariawan dengan Cara Alami

Rep: MGROL40/ Red: Winda Destiana Putri
Sariawan (Ilustrasi)
Foto: Google
Sariawan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sariawan saat berpuasa tentu sangat mengganggu. Sembelit, perubahan hormon, kelebihan keasaman, gigitan tak disengaja, stres, sampai kekurangan vitamin C atau B, bahkan zat besi merupakan beberapa penyebab Anda terkena sariawan.

Dilansir dari Top 10 Home Remedies, Jumat (10/7), berikut bahan-bahan alami yang dapat mengobati sariawan:

Kemangi

Kemangi merupakan daun yang memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Anda cukup mencuci empat atau lima daun kemangi secara menyeluruh. Kunyahlah beberapa saat lantas buanglah. Segeralah berkumur setelah itu. Lakukan ini sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore hari. Selain bisa menyembuhkan sariawan, kemangi dapat membuat mulut Anda menjadi wangi.

Es batu

Es batu merupakan obat rumah efektif untuk mematikan rasa sakit sariawan. Anda dapat meletakkan es batu di luka sariawan saat lukanya benar-benar "membara". Hanya saja, mungkin es batu sebatas meredakan nyerinya, namun tidak mempercepat penyembuhan.

Akar Licorice

Akar licorice mampu menawar rasa sakit dan membentuk lapisan pelindung pada selaput lendir yang tahan iritasi dan menenangkan luka terbuka. Bahan yang disebut di Indonesia dengan sebutan akar manis ini, juga memiliki sifat anti-inflasmi dan antimikroba. Anda cukup merendam satu sendok makan akar licorice yang sudah ditumbuk sampai hancur, ke dalam dua cangkir air selama dua sampai tiga jam. Lantas, gunakan sebagai obat kumur selama beberapa kali dalam satu hari. Kalau tidak menemukan bahan dasarnya, anda bisa mendapat ekstraknya dengan nama licorice deglycyrrhizinated (DGL) dalam bentuk tablet kunyah. Bisa juga ekstrak ini di larutkan dalam air hangat.

Ketumbar

Ketumbar bisa mengurangi peradangan sariawan. Anda cukup merebus satu sendok teh biji ketumbar dalam secangkir air. Saring dan biarkan dingin. Lantas berkumurlah dengan air saringan tersebut. Lakukan sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari.

Baking soda

Natrium bikarbonat ini dapat mengatasi sariawan karena sifatnya mampu menetralisir asam. Selain itu, baking soda bisa mengurangi peradangan dan menghilangkan kuman ataupun bakteri. Namun, Anda juga perlu berhati-hati, sensasinya bisa seperti terbakar. Anda cukup mencampur satu sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk mengubahnya menjadi pasta. Oleskan di luka sariawan. Ulangi beberapa kali sehari. Atau Anda dapat menempatkan baking soda langsung pada luka sariawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement