Selasa 07 Jul 2015 15:12 WIB

Teh Thailand, Inspirasi Minuman Istimewa Lebaran

Daun teh Thailand mengeluarkan aroma khas yang menjadikan minuman ini berbeda dengan teh yang dicampur susu lainnya.
Foto: wikipedia
Daun teh Thailand mengeluarkan aroma khas yang menjadikan minuman ini berbeda dengan teh yang dicampur susu lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Mendekati Lebaran berbagai hidangan mulai disiapkan untuk menyambut hari raya. Tak ketinggalan dengan aneka minuman untuk disajikan kepada keluarga dan kerabat.

Teh thailand bisa jadi salah satu ide minuman Lebaran ini. Menyegarkan dan mudah dibuat, membuat teh thailand cocok sebagai sajian istimewa.

Puti Andam, pemilik usaha Putea Thai Tea, mengatakan teh thailand tergolong mudah dibuat. Bahan-bahannya pun tidak mahal. "Cukup teh, susu, dan gula," ujar Puti.

Resep teh thailand didapat Puti dari kreasinya sendiri. "Mulanya dapat dari teman yang punya katering, lalu belajar buat sendiri, dimodifikasi, sampai akhirnya percaya diri berjualan," katanya.

Untuk membuat teh thailand, Puti mengatakan ia merebus daun teh dengan air. Setelah mendidih, air disaring dan diberi campuran gula. Gulanya sebelumnya sudah direbus pula dengan air. Setelah dingin teh yang sudah manis diberi tambahan susu cair.

Untuk mendapatkan tekstur yang lebih creamy, Puti menambahkan susu kental manis dalam tehnya. Takarannya dikatakan dia tergantung selera masing-masing.

Tapi teh thailand akan paling nikmat jika dibuat menggunakan daun teh yang memang berasal dari Thailand. Puti mengatakan, daun teh asal Negeri Gajah Putih memiliki wangi yang khas. Aroma daun teh itu yang membuat minuman ini menjadi berbeda.

Tidak seperti teh tarik yang menggunakan black tea atau teh hitam biasa, teh thailand khas karena penggunaan daun yang asli dari Thailand. Untuk produknya Puti menggunakan teh yang diimpor langsung dari Thailand. Di supermarket katanya terkadang ditemukan beberapa merk teh asal Thailand.

Selain menjual teh thailand, Puti juga menjual teh hijau thailand. Daun teh hijau yang digunakannya pun didapatnya dari Thailand. Untuk membuat teh hijau thailand Puti menggunakan resep yang sama dengan teh thailand.

Teh hijau thailand namun lebih baik dari segi kesehatan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Kegunaannya pun berderet mulai dari mencegah stroke hingga mengurangi risiko gigu berlubang.

Pada bulan puasa ini usaha Putea Thai Tea yang dijajakan lewat Instagram @putea_thaitea menangguk pesanan yang berlipat dari hari biasa. "Kalau sebelumnya seminggu laku 400 botol ukuran 250 ml, sekarang seminggu bisa 700 sampai 800 botol," ujarnya.

Puti Andam, pemilik usaha Putea Thai Tea

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement