Ahad 05 Jul 2015 08:08 WIB

Solusi Sahur Praktis dari Black Garlic

Gyu Don menjadi salah satu menu yang dimiliki Black Garlic. Bahan-bahan makanan yang tertera di foto akan disertai panduan memasak yang detil dan mudah dipraktikkan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gyu Don menjadi salah satu menu yang dimiliki Black Garlic. Bahan-bahan makanan yang tertera di foto akan disertai panduan memasak yang detil dan mudah dipraktikkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Ibu rumah tangga di mana pun menghadapi keruwetan yang hampir sama setiap saat. Mereka harus memikirkan menu yang tersaji di meja makan bagi suami dan anak-anaknya.

Di bulan Ramadhan, kepusingan yang sama bertambah. Selain memikirkan menu buka puasa, ibu juga harus mencari ide untuk menghadirkan sajian sahur.

Solusi itu pun coba ditangkap Black Garlic lewat paket makanan yang cocok dijadikan menu sahur. Tak hanya lezat Black Garlic menjanjikan cara masak yang praktis.

Ditemui saat peluncuran Black Garlic, beberapa waktu lalu di dapur Almond Zuchini di Brawijaya, Jaksel, CEO Black Garlic, Michael Alvin Saputra, mengatakan Black Garlic pada dasarnya merupakan jasa layanan antar bahan segar yang siap masak. Dalam setiap kotak Black Garlic pembelinya akan mendapatkan pula panduan meracik setiap bahan segar untuk menjadi masakan.

"Menunya apa, harganya berapa, tanggal sampainya kapan, semua bisa dilihat online di www.blackgarlic.id," kata Michael. Setelah pemesanan nanti akan dikirimkan satu kotak Black Garlic yang isinya tiga menu makanan, setiap makanan dapat disantap dua hingga tiga orang tergantung besar porsi tiap orang.

Chief Production Officer Black Garlic, Olivia Wongso, mengatakan di bulan ini menu yang dikeluarkan disesuaikan dengan kebutuhan umat Muslim yang berpuasa. "Kami banyak mengeluarkan menu Nusantara yang cocok dijadikan menu sahur praktis," ujarnya. Menu sahur sengaja dipilih, bukan berbuka, karena sesuai dengan konsep Black Garlic.

Setiap menu yang dimiliki Black Garlic harus bisa dimasak dalam waktu 30 menit, paling lama 45 menit. Padahal sejumlah menu tersebut dikenal memiliki waktu masak yang lama, seperti misalnya soto betawi atau nasi kebuli.

Olivia menerangkan, ketika mengirimkan paket Black Garlic untuk soto betawi misalnya, pembeli akan menerima bahan segar seperti lengkuas, serai, daun salam, daun bawang, tomat, hingga kentang. Lalu ada pula bumbu jadi soto betawi. Sedangkan dagingnya terkirim dalam bentuk sudah hampir dengan kaldu yang tersimpan dalam wadah kedap udara.

Kurang dari 30 menit, soto betawi sudah bisa tersaji. Olivia mengatakan, karena untuk makanan tertentu Black Garlic menyiapkannya terlebih dahulu. "Ibaratnya sampai di rumah cukup cemplung-cemplung saja," katanya.

Mengusung konsep makan sehat, Olivia mengatakan seluruh menu dibuat tanpa menggunakan MSG. Beberapa ada yang sudah diberi tambahan gula dan lada juga garam. Ada juga yang harus ditambahkan sendiri.

Panduan memasak yang diberikan pun sangat detil. Memudahkan siapapun, bahkan mereka yang tidak mahir memasak sekalipun.

Michael berujar, Black Garlic menyasar konsumen keluarga muda atau mereka yang tinggal di apartemen dan ingin makan enak tapi sehat. "Dan seperti itu adalah masakan yang dibuat sendiri di dapur rumah," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement