Sabtu 27 Jun 2015 11:01 WIB

Mengintip Kemolekan Hamparan Danau Merah di Krimea

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Koyashskoye Salt Lake
Foto: Dailymail
Koyashskoye Salt Lake

REPUBLIKA.CO.ID, KRIMEA -- Danau dengan air jernih atau berwarna biru sudah menjadi hal yang biasa di temukan di dunia, namun bagaimana jika danau berwarna merah seperti pada daratan planet Mars?

Keajaiban unik tersebut berada di semenanjung Krimea. Danau unik berwarna merah ini bernama Koyashskoye Salt Lake memiliki beberapa area yang berintensitas warna berbeda-beda, mulai dari berwarna pink tua hingga berwarna sedikit kehitaman, tapi warna yang mendominasi perairan ini seperti merah darah. Terlihat pula batu-batuan cukup besar menghiasi keunikan perairan merah tersebut.

Hamparan perairan indah ini terbongkar dari foto-foto yang diambil oleh fotografer Ukraina, Sergey Anashkevych. Ia mengeksplorasi efek cahaya berbeda pada tiap sudut dataran tiga mil tersebut.

"Koyashskoye adalah salah satu tempat yang paling indah dan fantastis di Krimea. Tepi danau terdiri dari garam yang mengkristal dengan aroma viola," ujar Sergey (37) yang dilansir dari Dailymail, Sabtu (27/6).

 

Ketika cuaca di tempat ini lebih kering, air akan menguap, garam-garam akan berubah menjadi kristal kecil yang menonjol ke permukaan danau. Menurut pria asal Sevastopol ini, pemandangan danau ini seperti hamparan padang pasir yang dapat menyilaukan mata.

"Warga begitu mencintai danau ini, untungnya masih belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Udaranya begitu lembut dan asin karena garam di udara menimbulkan perasaan lengket," kara Sergey.

Pada musim semi, warna danau akan berubah menjadi merah muda nan lembut, dan pada musim panas, hamparan perairan ini akan berubah menjadi merah muda menyala. Hal itu berkaitan dengan ganggang dunaliella yang tumbuh subur di air asin.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement