Kamis 25 Jun 2015 13:03 WIB

Perlunya Orang Tua Belajar Psikologis Anak

Azka Empowering Center bekerja sama dengan SD Plus Tunas Pertiwi mengadakan bedah buku dan Parenting skill Based on Smart Empowerment Technique (SET) untuk orang tua siswa.
Foto: Azka
Azka Empowering Center bekerja sama dengan SD Plus Tunas Pertiwi mengadakan bedah buku dan Parenting skill Based on Smart Empowerment Technique (SET) untuk orang tua siswa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengetahui psikologis anak sangat penting untuk membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Azka Empowering Center bekerja sama dengan SD Plus Tunas Pertiwi mengadakan bedah buku dan Parenting skill Based on Smart Empowerment Technique (SET) untuk orang tua siswa.

Kegiatan yang juga dirangkaikan pengambilan Raport untuk siswa di sekolah tersebut yang bertujuan untuk membantu orang tua siswa perlunya mengenal kebutuhan anak. Bedah Buku yang berlangsung sejak jam 9 pagi hingga jam 10.30 , Sabtu (20/6) ini diikuti oleh 40 orang tua siswa. Acara ini langsung disampaikan oleh penulis buku SET yaitu, Mohamad Soleh.

Bedah buku dan Parenting Skill baesd on SET ini membantu orang tua mengarahkan anak untuk mengembangkan kemandirian, belajar efektif, bagaimana membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak, serta memahami psikologis anak. SET merupakan program pemberdayaan potensi otak, jiwa dan tubuh melalui proses menghilangkan masalah-masalah psikologis yang menghambat upaya optimalisasi potensi diri dengan cara SMART (Simple, Multi Technique, Applicative, Resourceful & Time Quickly) & dengan 10 Teknik membahagiakan.

Soleh mengatakan anak merupakan harapan orang tua sehingga orang tua yang memegang peranan penting dalam pola asuh sejak usia dini. Berbeda dengan orang dewasa yang dihadapkan oleh pilihan-pilihan sulit,  anak mengenal dunia dengan bermain, belajar, dan mengimitasi perilaku orang yang berada disekitarnya. "Sehingga perlu adanya parenting yang sesuai untuk setiap anak," kata dia.

Ketua Panitia Amin Zuhri menyampaikan kegiatan seperti ini akan dijadikan kegiatan rutin dan menjadi salah satu program pengembangan anak, guru, orang tua dan lingkungan. Dengan upaya ini, ia berharap SD Tunas Pertiwi menjadi yang terbaik di Cimanggis dan menjadi sekolah teladan di Depok nantinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement