Senin 15 Jun 2015 17:07 WIB

Stres Menjadi Penyebab Timbulnya Jerawat?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Jerawat (ilustrasi)
Foto: stylecraze.com
Jerawat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak sedikit orang stress menghadapi kehidupan sehari-hari. Terutama kaum perempuan yang menjadi ibu rumah tangga juga wanita karir. Mengurus anak, suami juga pekerjaan bukanlah hal yang sulit.

Tak heran jika perempuan bekerja dan memiliki anak akan lebih rentan stress. Selain bengkak dibagian bawah mata dan kulit kering, apa lagi tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda sedang stres.

Lalu bagaimana mengatasinya? Simak yuk artikel berikut seperti dilansir dari laman Allwomenstalk, Senin (15/6).

Stres menjadi penyebab jerawat, eksim dan psoriasis

Sejumlah masalah kulit dapat disebabkan oleh stres. Jerawat adalah masalah yang paling umum dikeluhkan oleh anak muda. Karena stres melepaskan kortisol, yang menyebabkan banyak kekacauann hormon anak muda. Ini pada gilirannya menyebabkan jerawat pada wajah dan tubuh. Stres juga bisa mengganggu keseimbangan antara bakteri baik dan buruk dalam perut kita. Hal ini dapat menyebabkan jerawat muncul di kulit.

Cara menghindari jerawat, nafas dalam-dalam akan membuat Anda tenang juga bisa menghilangkan kecemasan. Hirup udara untuk mengisi perut Anda, tahan napas selama beberapa detik ini dan kemudian bernapas melalui mulut Anda perlahan. Lakukan meditasi selama 10 menit setiap hari juga akan membantu memerangi kecemasan dan stres. Makan diet yang sehat dan minum banyak air. Sayuran dan buah, protein berkualitas tinggi seperti daging hewan pemakan rumput juga penting untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dan buruk. Hindari gula dan makanan berlemak. Dalam keadaan darurat, gunakan concealer yang dijual dalam bentuk tabung, yang berarti Anda hanya akan menyentuh produk yang baru ditekan dan aplikasikan dikulit Anda.

Bakteri membuat kekacauan dan menyebabkan gatal-gatal dan ruam

Disbiosis adalah ketidakseimbangan mikroflora usus didalam perut yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan ruam, ketika Anda stres. Pada intinya, terlalu banyak bakteri buruk dibanding bakteri baik. Latihan pernapasan memberikan efek  menenangkan pada kulit, kurangi risiko ruam dan gatal-gatal selama periode stres dalam hidup kita. Namun, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter, jika Anda tidak bisa menjaga kondisi baik di teluk. Sembunyikan  ruam kulit atau gatal-gatal dengan patting sedikit conclear batang  di daerah yang terkena dengan jari bersih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement