Kamis 11 Jun 2015 09:20 WIB

Beragam Varian Menikmati Sari Kacang Kedelai Hitam

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Kacang kedelai hitam
Foto: wikipedia
Kacang kedelai hitam

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak kalangan yang ingin sehat dan tampil awet muda dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Namun, biasanya justru orang enggan mengonsumsi sayur, buah, maupun kacang-kacangan yang sebenarnya akan membuat mereka sehat.

Buah, sayur, dan kacang-kacangan dirasa tidak enak, terkadang dinilai terlalu pahit atau hambar.

Padahal ini hanya soal cara mengolah dan mengkombinasikannya, bukan masalah rasa. Di sini kita dituntut untuk kreatif dalam membuat panganan atau minuman yang sehat tapi juga enak.

Salah satu bahan makanan yang sehat adalah kacang kedelai hitam. Kedelai hitam, yang kaya akan Vitamin E ini, kerap dianggap tidak dapat dikonsumsi dengan cara yang menyenangkan. Biasanya orang menggunakan kacang jenis ini sebagai bahan baku utama kecap.

Akan tetapi tahukah Anda? Kacang kedelai hitam bisa dijadikan bahan baku olahan susu, jus, roti, kue bahkan bisa dihidangkan menjadi sebuah panacotta yang nikmat.

Margaret Vivi, pakar kecantikan pemilik Franchise Jean Yip Beauty & Slimming Indonesia saat ditemui di Commune Bistro & Grill SCBD, beberapa waktu lalu menuturkan biasanya dirinya mengkonsumsi kacang kedelai dengan cara mengkombinasikannya dengan jus buah atau jus sayur sebagai sajian sarapannya. “Kacang kedelai dicampur ke dalam jus buah atau jus sayur menurut saya membantu sekali, karena saya termasuk orang yang tidak suka rasa jus buah saja, atau jus sayur saja. Rasanya tidak enak. Kalau dicampur sama bubuk susu kacang kedelai hitam rasanya enak” tambahnya.

Selain itu, semenjak mengkonsumsi susu kacang kedelai, Vivi merasa kulitnya lebih halus dan tampak awet muda di usianya yang menjelang 45 tahun. Hal ini disebabkan kacang kedelai mengandung kolagen yang dapat membuat tampilan awet muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement