Senin 08 Jun 2015 13:07 WIB

Ini Cara Ferdy Hasan Ajarkan Pentingnya Minum pada Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ferdy Hasan
Foto: Antara
Ferdy Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, Presenter senior Ferdy Hasan sudah menjalankan pola hidup sehat, terutama sejak dua tahun lalu. Ia berusaha memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya dengan mengosumsi air putih delapan gelas per hari.

Kebiasaan baik ini pun ia ajarkan kepada istri dan anak-anaknya. Ia mengakui kesulitan dalam mengajak anandanya mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. “Anak-anak susah sekali minum meskipun anak yang paling besar yang saat ini lulus SMA,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Farah (18 tahun), lanjut Ferdy, setelah makan tidak langsung minum. Ia langsung pergi usai makan. Namun, Ferdy terus mengingatkan anandanya ini agar minum setelah makan dan berupaya untuk memenuhi cairan dalam tubunya.

“Saya ingatkan padanya kalau kamu kurang cairan, metabolisme tubuh kamu tidak berjalan dengan baik nanti,” ungkapnya.

Ferdy pun menyarankan Farah untuk mencari informasi di internet mengenai mengapa kebutuhan cairan harus terpenuhi, apa penyebabnya, dan apa dampaknya. Setelah itu, insya Allah mereka bisa menerima dengan baik.

Begitu juga kepada anak kedua Ferdy, Fasya (12 tahun). Ferdy juga mengingatkannya untuk minum yang cukup. Tentu cara memberitahukannya disesuaikan dengan usianya. Sedangkan kepada anandanya yang terakhir Fahri (1 tahun), istri Ferdy tetap memberinya ASI ditambah air putih.

Dalam mengajak anandanya memenuhi kebutuhan cairan, Ferdy mengakui adanya hambatan. Ia tak dapat mengontrol anak-anaknya 100 persen. Sebab anandanya ini memiliki kesibukan sendiri, mulai dari sekolah, ekstrakurikuler sampai hal lainnya.

Namun Ferdy tak habis akal, ia meminta anandanya membawa termos air minum. Mereka harus menghabiskan isi termos minumnya dan mengisi ulang sampai kebutuhan cairan harian mereka terpenuhi .

“Sambil mengingatkan, saya juga menjelaskan jika mereka sudah mencukupi kebutuhan cairannya, metabolisme tubuh mereka pasti bagus, karena 80 persen tubuh kita cairan. Kalau kekurangan sedikit saja, kelihatannya simpel tapi efeknya siginifikan. Misalnya saat ramadhan bagi yang suka konstipasi, cobalah minum air putih yang cukup. Insya Allah BAB akan lancar,” ujarnya.

Ferdy mengaku upayanya mengingatkan anandanya ini berhasil dan merekapun banyak merasakan manfaat untuk tubuh. Akhirnya mereka juga jadi saling mengingatkan. Misalnya saat puasa, kalau buka puasa hanya minum segelas, mereka akan mengingatkan untuk minum kembali. "Semacam kaya games, tapi mengajak untuk saling mengingatkan bersama," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement