Ahad 07 Jun 2015 17:01 WIB

Dokter: Menyusui Bukan Sekadar Memberi ASI

Rep: C24/ Red: Indira Rezkisari
Ibu Menyusui
Foto: Republika/Musiron
Ibu Menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, Menyusui tidak hanya semata-mata memberikan air susu ibu (ASI) saja, tetapi juga membentuk ikatan sayang antara ibu dan anak.

Demikian ujar Margareta Komalasari, dokter spesialis anak dari RS Pusat Pertamina dan  Brawijaya Women & Children Hospital,  yang hadir dalam konferensi pers My Baby Lovely, Sabtu (6/6). Dia mengungkapkan ibu yang menyusui juga cenderung lebih sering menyentuh, membelai, dan menatap bayinya lebih lama. Sehingga secara signifikan mempengaruhi proses bonding atau kerekatan antara ibu dan anak.

Sentuhan kepada bayi juga penting untuk menstimulasi hormon pertumbuhan bayi guna meningkatkan kemampuan intelektual dan perkembangan motorik bayi. Selain itu menjaga suhu tubuh, detak jantung, sampai pola tidur bayi.

Menurut dr Margareta bayi yang sering mendapatkan kasih sayang secara fisik, baik dalam bentuk disentuh ataupun digendong, memiliki risiko lebih rendah untuk tumbuh menjadi individu yang penuh kekerasan saat dewasa. Di samping itu juga dapat membantu pertumbuhan otak bayi secara optimal.

Baby Massage (stimulus touch) adalah terapi sentuhan pada kulit (jaringan lunak) dengan menggunakan tangan yang dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement