Kamis 04 Jun 2015 20:02 WIB

Jelang Puasa Kunjungan Wisatawan Diperkirakan Meningkat

Seorang wisatawan tengah menikmati keindahan kehidupan bawah laut. Indonesia memang dikenal memiliki potensi wisata bahari yang tinggi (ilustrasi)
Foto: Antara
Seorang wisatawan tengah menikmati keindahan kehidupan bawah laut. Indonesia memang dikenal memiliki potensi wisata bahari yang tinggi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pengelola tempat wisata di wilayah Cianjur, Jabar, memperkirakan angka kunjungan akan meningkat menjelang masuknya bulan Puasa terutama sejumlah tempat wisata air di wilayah utara dan selatan.

"Untuk minggu-minggu ini, meningkatnya angka kunjungan sudah terlihat. diperkirakan akhir pekan ini, angka kunjungan akan terus meningkat hingga menjelang masuknya bulan puasa, seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkap Asep bagian tiketing di obyek wisata Waduk Jangari, di Cianjur, Rabu (4/6).

Dia menuturkan, setiap menjelang masuknya bulan Puasa, angka kunjungan terutama wisatawan lokal akan meningkat hingga lima kali lipat dari hari libur biasa, dimana tradisi warga Cianjur, melakukan "papajar" menyambut datangnya bulan puasa dengan cara mengujungi sejumlah tempat wisata.

"Untuk tahun lalu, angka kunjungan perhari mencapai 6000 pengujung setiap harinya, hingga puncaknya tiga hari menjelang masuknya bulan puasa.

Perbandingan wisatawan lokal dengan luar lebih mendominasi wisatawan lokal yang datang mengunakan kendaraan roda empat jenis bak terbuka," katanya.

Tatang staf humas Kebun Raya Cibodas, mengatakan, setiap menjelang masuknya bulan Puasa dan tahun ini berbarengan dengan libur panjang sekolah, angka kunjungan wisatawan lokal dan luar berbanding sama tingginya, akan meningkat hingga tiga hari menjelang masuknya Puasa.

"Untuk hari ini saja, angka kunjungan sudah mulai terlihat meningkat dibandingkan hari-hari biasa. Dimana pengunjung yang mendominasi adalah guru-guru dan siswanya. Perkiraan kami akhir pekan kali ini, jumlah pengunjung akan mencapai puluhan ribu seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Tatang.

Dia menuturkan, untuk saat ini, pihak Kebun Raya Cibodas, menyajikan sejumlah tempat baru yang akan menarik minat wisatawan seperti ruang visual, taman teratai, angrek, lumut dan taman sakura dibagian tengah kebun raya.

"Wisatawan dapat menikmati tempat-tempat tersebut, selain sebagai wahana rekreasi termasuk wahana pendidikan di dalamnya. Sejumlah tempat baru tersebut, hingga saat ini, paling banyak dikujungi wisatawan," katanya.

Sedangkan pengelola tempat wisata bahari di Cianjur selatan, mengatakan, sejak satu pekan terakhir, angka kujungan ke sejumlah pantai di Kecamatan Sindangbarang dan Cidaun, telah mengalami peningkatan yang cukup tajam dibandingkan hari-hari biasa.

Dimana angka kunjungan didominasi komunitas sepeda motor dari berbagai wilayah seperti Bandung, Garut, Tasikmala, Bogor dan Cianjur. Bahkan mereka memperkirakan puncak kunjungan akan terjadi pada minggu terakhir sebelum masuknya bulan puasa.

"Hari ini, angka kunjungan komunitas sepeda motor sudah mendominasi Pantai Jayanti, Apra dan Sereg. Meskipun jumlahnya masih dalam hitungan ratusan, namun akhir pekan ini dan pekan depan diperkirakan akan mencapai ribuan," kata Dodo pengelola tempat wisata Jayanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement