Senin 01 Jun 2015 06:40 WIB

Ingin Kenyang, Pilih Camilan Sehat Berikut

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Mengudap buah dan keju lebih sehat dan memenuhi perut daripada segelas jus buah yang kaya gula.
Foto: galleryhip
Mengudap buah dan keju lebih sehat dan memenuhi perut daripada segelas jus buah yang kaya gula.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengemil merupakan salah satu cara orang menahan lapar. Aneka makanan dan minuman ringan biasanya dijadikan sebagai camilan. Dan tak heran jika sebagian orang menyimpannya di laci meja kantor atau lemari es. Camilan apa sih sebenarnya yang tepat?

Ganti jus buah, pilih buah dengan keju rendah lemak

Siapa yang tak suka mengonsumsi jus buah, rasanya manis dan menyegarkan. Namun menurut dokter dan pengarang buku Body for Life for Women, Pamela M. Peeke, M.D, jus adalah minuman yang bermuatan penuh gula. Baginya, tidak ada alasan mengapa Anda membutuhkan minum jus ketika Anda sudah makan sebuah apel.

Dikutip dari Cosmo, Senin (1/6), tidak seperti jus buah, buah utuh kaya akan serat, yang ikut mendorong tubuh Anda membakar fruktosa (bagian dari gula yang secara alami terdapat dalam buah). Ini bisa menunda rasa lapar berkepanjangan. Beberapa penelitian menyarankan minum buah kurang memuaskan dibanding memakannya dan minum minuman yang sarat akan kalori dapat mengacaukan kemampuan tubuh mengatur kalori yang Anda makan. Karena itu, pilihlah buah utuh dan tambahkan beberapa keju rendah lemak untuk menambah protein dan lemak

Ganti smoothie yang berbasis air, minum yang bahan dasarnya yogurt

Makanan secara konsisten dapat mempengaruhi secara drastis nafsu makan Anda setelah ngemil. Pada studi tahun 2013 peneliti menyajikan jenis-jenis minuman shake sebelum makan siang untuk para responden laki-laki. Hasilnya ditemukan bahwa laki-laki yang minum minuman yang banyak mengandung air, jus seperti shake meninggalkan rasa lapar dan makan lebih banyak saat makan siang dibandingkan laki-laki yang minum minuman yang lebih berat seperti smoothie yang bentuknya seperti krim, terlepas dari jenis nutrisi yang mereka minum.

Satu teori menunjukkan bahwa tanpa sadar menggabungkan tekstur dengan lemak akan memberikan rasa kenyang. Karena itu, gantilah smoothie yang berbasis air dengan  smoothie yang terbuat dari bubuk protein dan air.

 

Anda bisa mencoba menu Peeke untuk energi tambahan. Campurkan buah segar atau buah beku dengan dua persen yogurt Yunani dan satu sendok makan selai kacang. Campurkan protein, lemak dan serat yang berkualitas tinggi dan buatlah minuman yang mengenyangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement