Ahad 24 May 2015 17:00 WIB

Pilih Bahan Ini untuk Smoothie Rendah Kalori

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Green Smoothie
Foto: Prayogi/Republika
Green Smoothie

REPUBLIKA.CO.ID, Smoothie memang menyehatkan. Sayur serta buah yang dicampur membuat konsumsi serat jadi lebih mudah. Namun, terkadang ada bahan tambahan tertentu yang justru menambah kalori.

Tertarik meracik smoothie yang rendah kalori? Berikut kiatnya, seperti dikutip dari laman Allwomenstalk, Ahad (24/5).

Tambahkan lebih banyak es

Es merupakan teman yang baik untuk smoothie. Tentu saja tidak ada kalori di dalam es sehingga es menguntungkan. Es membuat tekstur smoothie lebih indah dan cair. Karena itu, tak ada salahnya Anda menambahkan sejumlah es ke dalam smoothie sebanyak setengah cangkir sampai satu cangkir.

Pilih buah rendah kalori

Hampir semua buah rendah kalori sehingga ini bukan perhatian utama. Tetapi jika Anda mencoba untuk memotong jumlah kalori dalam menu makanan Anda, maka ini menjadi salah satu pilihan Anda. Beberapa buah yang rendah kalori misalnya stroberi, buah ceri dan buah persik. Tapi Anda tidak perlu mengesampingkan buah favorit Anda. Anda bisa menggabungkan beberapa buah yang lebih rendah kalori.

Gunakan yogurt bebas lemak

Semua yogurt yang dibuat tidak sama. Yogurt bebas lemak adalah pilihan yang lebih baik dari yogurt penuh lemak jika tujuan Anda adalah memotong kalori dalam smoothie Anda. Yogurt bebas lemak tidak hanya lebih rendah kalori tetapi juga lebih rendah lemak. Anda dapat memilih yogurt trandisional atau yogurt Yunani dalam bentuk bebas lemak. Walau semua yogurt memberi Anda protein, yogurt Yunani adalah sebuah sumber yang sangat baik. Yogurt ini membantu usaha diet Anda  dan protein di dalamnya membuat Anda merasa kenyang.

Kurangi tambahan lain

Kadang-kadang masalah smoothie menjadi kalori tinggi ada pada tambahan yang ditambahkan ke dalamnya. Misalnya chocolate chips, kacang tanah dan kacang lain juga sirup juga bisa membuat kalori lebih cepat naik. Masukkan formula dasar smoothie seperti buah, yogurt, es dan cairan. Anda akan mendapatkan total kalori yang lebih rendah. Formula ini masih bisa memberikan Anda sarapan yang lezat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement