Kamis 21 May 2015 16:16 WIB

Menyantap Ramen Langsung dari Museumnya

Rep: MGROL38/ Red: Winda Destiana Putri
 Shin-Yokohama Raumen Museum
Foto: Wikipedia
Shin-Yokohama Raumen Museum

REPUBLIKA.CO.ID, YOKOHAMA -- Selain bunga sakura yang indah, Anda pasti setuju jika mie ramen juga menjadi salah satu daya tarik negeri Jepang.

Ramen memang terkenal akan kaldunya yang kental dan gurih. Tak heran, ramen memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Sebenarnya ada dua jenis ramen di dunia ini. Pertama, ramen yang diproses dalam pabrik atau biasa disebut ramen instan yang bisa diperoleh di toko-toko makanan, dan yang kedua ialah ramen handmade atau asli racikan tangan yang membuat penggemar ramen rela pergi ke Jepang untuk bisa menikmatinya.

Begitu besarnya antusiasme masyarakat terhadap ramen, Jepang pun mendirikan museum-museum untuk mendedikasikan mie tersebut. Misalnya saja Shin-Yokohama Raumen Museum yang berada di kawasan Yokohama, dikutip Newsnet Kamis (21/5).

Museum tersebut menawarkan ramen instan maupun buatan tangan. Uniknya, museum menawarkan sampel kedua jenis ramen tersebut secukupnya bagi pengunjung yang ingin mencobanya. Jika tertarik, sampel ramen itu bisa dibawa pulang.

Jika Anda ingin menyantap ramen, Shin-Yokohama Raumen Museum juga menyediakan sembilan ‘warung’ ramen dengan gaya yang berbeda-beda. Ada brosur berbahasa Inggris yang akan membantu Anda memilih jenis mie yang diinginkan, apakah keriting, lurus, atau keriput dan ketebalan mie diukur dengan skala lima poin. Begitu juga dengan kekentalan kaldu yang diukur dengan skala lima poin.

Pada saat membayar maupun memesan pun, Anda akan disuguhi tradisi pembayaran kuno yakni dengan mesin tiket keliling. Shin-Yokohama Raumen Museum memang menyajikan pemandangan retro atau kuno.

Namun yang terpenting di museum tersebut, Anda tak hanya menikmati ramen namun juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang ramen, seperti pameran ramen saat di Eropa maupun alat-alat kuno pembuat ramen sejak zaman regional Jepang.

Jika Anda ingin membawa ramen sebagai oleh-oleh pulang ke Tanah Air, Anda bisa mengunjungi toko hadiah yang dapat merakit paket ramen untuk dibawa pulang. Tak hanya itu, toko ini juga menyediakan souvenir-souvenir menarik seperti mangkuk, sendok ramen, dan lain-lain.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement