Kamis 21 May 2015 19:15 WIB

Mengintip Sejarah Kota yang Hilang Ribuan Tahun

Rep: MGROL38/ Red: Winda Destiana Putri
Pompeii
Foto: Amusingplanet
Pompeii

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Jika Anda berkunjung ke Roma, sempatkan diri untuk mengunjungi jalan di kota Pompeii. Disanalah, Anda dapat melihat jejak sejarah kota kuno Pompeii yang hilang selama ribuan tahun.

Anda akan menemukan fakta bahwa kota Pompeii yang hancur akibat erupsi gunung Vesuvius tersebut, ternyata dekat dengan kota modern Naples di Italia.

Kota Pompeii hilang selama ribuan tahun akibat tertutup abu Vesuvius. Sampai akhirnya, para arkeolog kembali menemukan kota tersebut pada 1599, dilansir Amusingplanet Kamis (21/5).

Penemuan pada pertengahan abad ke 18 itu begitu mengagumkan, pasalnya para arkeolog berhasil menemukan ribuan bangunan yang tersambung dengan jalan, sistem penyediaan air, gedung besar, gedung olahraga, serta pelabuhan.

Namun tak hanya meninggalkan bangunan, Pompeii juga meninggalkan memori yang menggambarkan kehidupan bertransportasi pada masa itu.

Kala itu, Roma masih menggunakan kereta perang sebagai transportasi dan kuda digunakan sebagai sarana berkendara melewati jalan-jalan berbatu di kota. Uniknya, jejak kaki-kaki kuda yang berjalan di atas batu-batu tersebut masih tergambar jelas hingga kini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement