Kamis 14 May 2015 13:37 WIB

Libur Panjang ke Tamar Pintar Yuk

Rep: Yulianingsih/ Red: Esthi Maharani
Taman Pintar Yogyakarta
Foto: Antara
Taman Pintar Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Libur panjang akhir pekan ini dimanfaatkan banyak keluarga untuk berlibur termasuk ke Kota Yogyakarta. Akibatnya jumlah kunjungan sejumlah obyek wisata di Yogya meningkat tajam.

Wisata pendidikan Taman Pintar Yogyakarta juga tak luput dari tujuan utama wisatawan ke Yogyakarta. Kunjungan wisatawan ke wahana edukasi ini naik 200 persen lebih pada libur akhir pekan ini.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Pintar Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, pada hasil biasa kunjungan wisatawan ke obyek Taman Pintar sekitar 1.500 orang. Namun pada libur ppanjang akhir pekan ini kunjungan bisa mencapai 5.000 pengunjung.

"Pada Selasa kemarin saja sudah 4.500 pengunjung lebih. Untuk akhir pekan ini kita optimis akan lebih banyak," katanya, Kamis (14/5).

Menurutnya, penambahan empat zona baru di Taman Pintar yang baru di resmikan awal bulan ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Empat zona baru di Taman Pintar tersebut adalah Zona Sahabat Pemberani, Zona Kelistrikan, Zona Telekomuniksi dan Galeri Kota Pusaka.

Saat ini Taman Pintar memiliki 46 zona edukasi. Dengan empat zona baru ini maka akan menjadi 50 zona wisata edukasi di Taman Pintar tersebut.

Keempat zona tersebut merupakan hasil kerja sama antara Taman Pintar dengan sejumlah mitra yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Zona Sahabat Pemberani, PT PLN dengan Zona Kelistrikan, PT Indosat Tbk dengan Zona Telekomunikasi dan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dengan Galeri Kota Pusaka.

Menurut Yunianto,  setiap zona baru tersebut, pengunjung dapat  berinteraksi dengan peraga-peraga yang ada untuk menyerap berbagai informasi yang disampaikan secara menarik. Misalnya di Zona Kelistrikan, pengunjung bisa mengayuh sepeda statis untuk menghasilkan arus listrik, atau mengetahui cara PLN menghasilkan listrik.

   

Sedangkan di Zona Sahabat Pemberani, pengunjung bisa memperoleh informasi mengenai sikap anti korupsi yang disampaikan melalui kinect games dan pohon harapan.   

Di Galeri Kota Pusaka, pengunjung juga bisa mempelajari berbagai sejarah dan budaya masyarakat Yogyakarta serta filosofi kehidupan masyarakatnya.

    

"Untuk libur akhir pekan ini jam buka layanan masih tetap dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement