Rabu 13 May 2015 14:56 WIB

Ingin Akrab dengan Anak? Ini Caranya...

Rep: MGROL 38/ Red: Indira Rezkisari
Meski sibuk, psikolog menyarankan orang tua selalu menyempatkan waktu untuk bersama anaknya minimal 15 menit tiap hari.
Foto: pixabay
Meski sibuk, psikolog menyarankan orang tua selalu menyempatkan waktu untuk bersama anaknya minimal 15 menit tiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, Komunikasi merupakan hal penting dalam membangun hubungan yang harmonis dalam keluarga, tak terkecuali komunikasi antara anak dengan orang tua.

Namun sayang, kesibukan para orang tua yang tinggi terkadang justru menyebabkan minimnya komunikasi dalam keluarga sehingga mengakibatkan hubungan antara anak dengan orang tua menjadi tidak akrab.

Psikolog Saskhya Aulia Prima pun berbagi tips untuk Anda para orang tua, agar hubungan dengan anak menjadi lebih akrab. Katanya, sesibuk apapun orang tua, mereka tetap harus menyediakan waktu berkualitas untuk anak setiap harinya minimal 15-20 menit. "Usahakan setelah anak bangun pagi atau sebelum anak tidur di malam hari, orang tua perlu ajak anak mengobrol mengenai kegiatan sehari-harinya," ujar Saskhya.

Namun dia mengingatkan agar orang tua tidak mengajak anak mengobrol mengenai hal-hal yang tidak disukainya atau yang membuatnya tertekan. "Misalnya, tiba-tiba orang tua bertanya PR di sekolah atau hal lain yang membuat anak tertekan. Hal tersebut justru membuat anak kesal," tambahnya.

Selain itu, orang tua juga perlu mengajak anak bermain mengenai hal-hal yang menyenangkan. Carilah ide permainan yang menarik, namun tetap menyelipkan unsur-unsur edukatif.

Dan yang terpenting menurut Saskhya, orang tua perlu menyempatkan waktu untuk makan bersama atau bermain bersama anak. Usahakan agar orang tua memiliki waktu berkualitas setiap harinya meski memiliki jadwal yang padat.

"Jangan juga orang tua membayar kesibukan di hari kerja dengan mengajak anak bermain sepanjang hari saat akhir pekan. Setidaknya, sempatkan mengajak anak bermain setiap harinya meski sebentar," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement