Selasa 17 Jul 2012 13:14 WIB

Nggak Nyambung dengan Anak, Inilah Masalah yang Terbesar

Rep: Fitria Andayani/ Red: Endah Hapsari
Sayang anak/ilustrasi
Foto: chatterchimp.wordpress.com
Sayang anak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Boleh dibilang ini dia materi paling hot dalam dunia pengasuhan, yakni komunikasi dengan anak. Kebanyakan orang tua mengeluhkan komunikasi dengan anak tidak pernah nyambung atau dengan anak tak pernah akur, kata Zainal Fanani, trainer parenting dari Yogyakarta.

Komunikasi dalam pengasuhan anak adalah materi yang umum disajikan kursus parenting. Untuk YKBH, materi ini adalah merupakan pelatihan dasar sebelum merambah masalah lain.

Menurut Rani Noekman dari YKBH, sebenarnya masalah utama dalam komunikasi adalah kurangnya pemahaman orang tua terhadap perasaan anak-anaknya. Pengelolaan emosi dalam keluarga agak terabaikan kalau enggan dibilang terhambat.

Selain itu, ada perbedaan gaya komunikasi. Rani melihat generasi yang dihasilkan saat ini sangat lugas. Mereka sangat terbuka. Berani menyatakan pendapat. Semakin jago ngeles, katanya.

Untuk menghadapi mereka, tentu tidak bisa dengan cara kuno. Cara komunikasi yang hierarkis dan tidak demokratis pasti tidak akan efektif,’’ ujarnya. Oleh karena itu, orang tua perlu belajar, tak lain karena mereka berasal dari zaman yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement