Rabu 06 May 2015 06:03 WIB

Berbagai Jenis Roti Sehat yang Wajib Anda Ketahui

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Roti (Ilustrasi)
Foto: Womensrunning
Roti (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roti merupakan makanan pokok bagi banyak atlet, terutama karena roti menyediakan cara yang nyaman untuk dikonsumsi sehingga menghasilkan energi. Sedangkan untuk meningkatkan karbohidrat diperlukan roti sebagai sarapan atau sandwich saat makan siang.

Tapi maraknya penipuan dengan mengklaim kesehatan dan nama bahan, memilih roti yang sehat bisa menjadi hal yang rumit. Berikut adalah cara untuk Anda memilih roti terbaik, dilansir dari Womensrunning, Rabu (6/5).

Gandum

Untuk menjamin sandwich Anda dapat memberikan gizi lebih di setiap gigitan, carilah roti gandum yang sebagian besar terbuat dari tepung gandum. Ini berarti bahwa kuman dan dedak dari kernel gandum telah tersisihkan, yang tersisa hanya ada nutrisi dan serat, yang hadir dalam roti. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition Eropa tahun 2012 menemukan bahwa asupan tinggi dari roti gandum dapat meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi peradangan dan menghambat penyakit jantung.

Sourdough

Gaya kuno dalam pembuatan roti ini dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil. Sebuah studi DAS di British Journal of Nutrition menemukan bahwa makan roti sourdough menyebabkan peningkatan kecil kadar glukosa darah daripada roti gandum. Fermentasi yang dihasilkan oleh kultur bakteri sourdough tampaknya mengubah struktur pati untuk memperlambat pencernaan. Sebuah lonjakan kecil gula darah dapat menghasilkan lebih banyak energi dan mengurangi risiko diabetes. Fermentasi bakteri juga menurunkan jumlah gluten ini, membuat roti sourdough lebih mudah dicerna.

Gandum Hitam

Gandum Hitam sebenarnya lebih padat nutrisi daripada tepung gandum biasa. Plus, sepotong roti hangat dari gandum hitam dapat memberikan hingga 5 gram serat. Sebuah studi dari Swedia tahun 2012 menemukan bahwa mengkonsumsi gandum hitam saat sarapan dapat membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari, yang membantu mencegah makan berlebihan.

Sprouted

Ketika biji-bijian seperti gandum, oat dan millet yang tumbuh, protein dan pati mereka dipecah menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna. Sprouting juga menguatkan tingkat vitamin B dan mineral seperti zat besi, sesuatu yang sangat penting bagi atlet perempuan. Sebuah studi Journal of Nutrition and Metabolism tahun2012 menemukan bahwa menggunakan tumbuh biji-bijian memberikan indeks glikemik rendah untuk menjadi energi karbohidrat. Plus, banyak Sprouted juga termasuk item yang sehat jika dicampur biji-bijian dan kacang-kacangan.

Bebas Gula

Saat ini mudah menemukan roti tanpa gula. Tapi jenisnya tetap sama dengan beberapa roti yang sudah dijelasakan sebelumnya. Selain itu pilihlah roti yang menggunakan 100 persen biji-bijian seperti daari tepung beras merah, tepung teff, atau tepung jagung murni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement