Selasa 05 May 2015 13:38 WIB

Festival Seni Zimbabwe Sampaikan Misi Kesehatan

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Festival Zimbabwe
Foto: VOA
Festival Zimbabwe

REPUBLIKA.CO.ID, ZIMBABWE -- Salah aatu negara Afrika yakni Zimbabwe mengadakan sebuah festival seni. Festival Seni Internasional Harare tahun ini membawa misi kesehatan.

Festival yang dimulai sejak 1999 ini akan memghadirkan seniman dari berbagai belahan dunia. Kesehatan seksual dan reproduksi menjadi inti lagu-lagu yang dimainkan oleh sebuah kelompok yang disebut Safeguard Young People. Sebuah band ini terdiri dari tujuh musisi dari Afrika Selatan.

Mereka akan bawakan lagu tentang bagaimana meningkatkan pengetahuan kesehatan seksual oleh remaja dan anak muda di Afrika bagian selatan.

Salah satu kelompok musisi yang juga akan tampil yakni Zusi dari Botswana. Zusi mengatakan penampilan ini merupakan tanggung jawab baginya menyampaikan pesan baik dalam profesinya sebagai musisi.

"Saya memiliki pengaruh di komunitas saya. Jadi apa yang kita miliki kita harus digunakan secara positif. Saya merasa kita bertanggung jawab untuk orang-orang muda di negara kita. Kami berutang kepada mereka lebih dari sekedar berubah-ubah atau hal-hal sepele hiburan," kata Zusi seperti dilansir dari VOA News, Selasa (5/5).

Anggota band ini mengatakan mereka ingin anak-anak tahu tentang masalah pernikahan dini. Justru mereka ingin meningkatkan kesadaran kesehatan reproduksi seksual dan meningkatkan penggunaan kontrasepsi oleh orang-orang muda. Ini bertujuan menjaga generasi muda dari penyebaran virus HIV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement