Rabu 29 Apr 2015 10:19 WIB

Konsumsi Keju Ternyata Bantu Turunkan Berat Badan

Rep: MGROL 33/ Red: Indira Rezkisari
Keju
Foto: wikimedia
Keju

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak cara bagi seseorang untuk menurunkan berat badan atau untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa makan keju mampu menurunkan berat badan.

Dikutip dari Independent, Rabu (29/4), sebuah studi yang terbitkan dalam The Journal of Agriculture and Food Chemistry yang mengungkapkan pentingnya keju bagi metabolisme tubuh. Jurnal tersebut juga mengatakan bahwa makan keju dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan dan sangat berkontribusi untuk menjaga berat badan.

Para ilmuwan dari Universitas Copenhagen dan Aarhus University membandingkan urin dan sampel dari 15 laki-laki. Para laki-laki tersebut diminta untuk mengkonsumsi susu dan keju ataupun mentega selama dua minggu tanpa produk susu lainnya.

Penelitian kecil ini menemukan bahwa mereka yang memakan keju atau susu selama penelitian memiliki komposisi perbedaan nyata dari bakteri yang terdapat di usus mereka. Makan keju membuat mereka memiliki tingkat senyawa butirat yang lebih tinggi. Juga asam lemak anti inflamasi yang mampu meningkatkan produksi energi.

Butirat telah terbukti oleh penelitian di Amerika pada 2009. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa butirat dalam keju mampu meningkatkan metabolisme, menjaga persentase lemak, dan mencegah perkembangan obesitas.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement