Sabtu 25 Apr 2015 10:01 WIB

Trik 12 Minggu Menuju Keluarga Sehat (11)

Bercengkrama bersama keluarga
Foto: SheKnows
Bercengkrama bersama keluarga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dapatkah Anda dan keluarga Anda menjadi lebih bugar, sehat, dan bahagia hanya dalam tiga bulan? Ini adalah pertanyaan yang kami ajukan kepada para dokter dari American Academy of Family Physicians (AAFP), kelompok yang terdiri dari 97.600 dokter dan mahasiwa kedokteran yang mengabdikan diri untuk perawatan medis primer.

Jawabannya adalah ya berulang-ulang, dan dengan bantuan mereka, kami mengenali langkah sederhana yang perlu dilakukan untuk membantu setiap orang di rumah untuk menumbuhkan kebiasaan yang lebih baik. Si kecil belajar dengan melihat Anda, lagipula pendekatan seluruh keluarga adalah kuncinya. Oleh Gail O’Connor dikutip dari www.parentsindonesia.com.

 

Bagaimana Rencananya Berjalan

Setiap minggu, Anda bertujuan membuat perubahan kecil dalam hal kebugaran, nutrisi, kesehatan, dan kebahagiaan. Beberapa hal akan berlaku hanya pada Anda dan pasangan, tapi sebagian besar juga akan melibatkan anak. Tujuan empat minggu pertama adalah sebagai berikut, dan kita akan punya tujuan lainnya dalam dua edisi ke depan, sehingga semuanya total 12 minggu. Langkah kecil berikut akan membantu Anda lebih bersemangat, memutuskan konsumsi makanan yang lebih cerdas, dan menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam hidup Anda yang sibuk. Anda bisa mulai sekarang juga, tapi bagusnya program ini adalah tidak ada waktu yang “salah” untuk mulai melakukannya. Siap? Lakukan!

 

Minggu 11

 

Aktif Saat Makan Siang

Jika Anda bekerja di luar rumah, ini bisa diterapkan untuk Anda dan pasangan. Di awal minggu, tuliskan aktivitas entah apakah itu beberapa putaran di sekitar taman dekat kantor atau kelas yoga bayi pada kalendar selama lima hari ke depan. Dan jika ada yang mencoba menyudutkan Anda saat beranjak keluar rumah, katakan saja Anda akan pergi rapat keluar. (Hei, ini tidak bohong!)

Gunakan Perangkat Audiovisual 

Dr. Melton sudah menggunakan teknik ini untuk anak-anaknya sendiri dan berkata, “Ini memberi mereka dampak lebih dari pelajaran apapun yang bisa kuberikan tentang nutrisi. Bagi anak yang lebih kecil, cek situs interaktif zisboombah.com, dimana anak-anak bisa membuat sajian makanan sehat secara online dan Anda bisa menemukan resep ramah anak.

Bergaul dengan teman

Menurut penelitian, orang dewasa yang memiliki teman-teman lebih bahagia dan lebih siap menghadapi situasi yang membuat stres, seperti kehilangan pekerjaan, sakit, atau masalah pernikahan. “Jika Anda belum berteman, mulailah dari sekarang,” kata Sharon Sweede, MD, dokter keluarga di Asheville, North Carolina. “Facebook tidak masuk hitungan.”

Fokus pada Masa Depan

Jika sesuatu terjadi terhadap Anda dan pasangan, siapa yang akan menjadi wali anak-anak? Jika Anda sakit parah, seberapa ingin Anda mendapatkan perawatan? Ini adalah pertanyaan besar dan tidak nyaman, tapi jika Anda dan pasangan tidak mengusahakannya, siapa yang akan melakukannya? Dokter keluarga Anda bisa membantu memahami keputusan, dan pengacara bisa membuatkan surat wasiat yang akan bisa digunakan dalam pengadilan. Jadi buatlah perjanjian tersebut!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement