Sabtu 25 Apr 2015 08:02 WIB

Trik 12 Minggu Menuju Keluarga Sehat (9)

Pilates
Foto: Sportnews
Pilates

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dapatkah Anda dan keluarga Anda menjadi lebih bugar, sehat, dan bahagia hanya dalam tiga bulan? Ini adalah pertanyaan yang kami ajukan kepada para dokter dari American Academy of Family Physicians (AAFP), kelompok yang terdiri dari 97.600 dokter dan mahasiwa kedokteran yang mengabdikan diri untuk perawatan medis primer.

Jawabannya adalah ya berulang-ulang, dan dengan bantuan mereka, kami mengenali langkah sederhana yang perlu dilakukan untuk membantu setiap orang di rumah untuk menumbuhkan kebiasaan yang lebih baik. Si kecil belajar dengan melihat Anda, lagipula pendekatan seluruh keluarga adalah kuncinya. Oleh Gail O’Connor dikutip dari www.parentsindonesia.com.

 

Bagaimana Rencananya Berjalan

Setiap minggu, Anda bertujuan membuat perubahan kecil dalam hal kebugaran, nutrisi, kesehatan, dan kebahagiaan. Beberapa hal akan berlaku hanya pada Anda dan pasangan, tapi sebagian besar juga akan melibatkan anak. Tujuan empat minggu pertama adalah sebagai berikut, dan kita akan punya tujuan lainnya dalam dua edisi ke depan, sehingga semuanya total 12 minggu. Langkah kecil berikut akan membantu Anda lebih bersemangat, memutuskan konsumsi makanan yang lebih cerdas, dan menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam hidup Anda yang sibuk. Anda bisa mulai sekarang juga, tapi bagusnya program ini adalah tidak ada waktu yang “salah” untuk mulai melakukannya. Siap? Lakukan!

 

Minggu 9

Tambahkan Asupan Vitamin D

Tahun lalu, untuk pertama kali sejak tahun 1997, Institute of Medicine menaikkan rekomendasinya. Anak-anak dan dewasa muda membutuhkan 400 IU vitamin D setiap hari, dari semula 200 IU. Cukup mudah untuk memenuhi jumlah ini dari suplemen atau sumber kaya vitamin D seperti susu, jus jeruk yang sudah difortifikasi, dan tuna kalengan.

Batasi Alkohol

Perempuan tidak boleh mengonsumsi lebih dari tiga minuman beralkohol dalam sehari, dan tidak lebih dari tujuh minuman beralkohol dalam seminggu. Sementara itu, pria tidak boleh minum lebih dari empat minuman beralkohol dalam sehari, dengan jumlah maksimum 14 minuman beralkohol dalam seminggu, kata Katherine J Gold, MD, departemen pengobatan keluarga di University of Michigan Medical School di Ann Arbor. Kami tahu apa yang Anda pikirkan. Jika Anda benar-benar hanya minum di akhir pekan, maka boleh-boleh saja untuk memanjakan diri berlebihan. Tidak juga.

Coret Waktu dengan Anak

Tenggat waktu perkemahan, T-ball, dan lainnya sudah membayangi. Membiarkan anak mengalami hal-hal sebanyak apapun adalah hal menggoda, tapi pikirkan baik-baik hasil akhirnya. Beberapa anak bisa menghadapi beberapa aktivitas sekaligus, tapi ini bisa membuat anak lainnya menjadi rewel atau merasa tertekan. Cobalah hentikan suatu aktivitas dan tentukan kemudian apakah anak merindukan aktivitas tersebut.

Cobalah Yoga atau Pilates

“Aku lebih suka orang-orang beryoga atau Pilates daripada selalu pergi ke pusat kebugaran, karena aktivitas ini meningkatkan kekuatan otot dan memerbaiki keseimbangan dan relaksasi mental,” kata Andy Pasternak, MD, dari Silver Sage Center for Family Medicine di Reno, Nevada. Yoga juga bagus untuk anak-anak, jadi coba putar DVD dan lakukan bersama-sama di rumah, atau carilah kelas untuk orang tua dan anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement