Sabtu 25 Apr 2015 07:25 WIB

Trik 12 Minggu Menuju Keluarga Sehat (8)

Olahraga bersama (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Olahraga bersama (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dapatkah Anda dan keluarga Anda menjadi lebih bugar, sehat, dan bahagia hanya dalam tiga bulan? Ini adalah pertanyaan yang kami ajukan kepada para dokter dari American Academy of Family Physicians (AAFP), kelompok yang terdiri dari 97.600 dokter dan mahasiwa kedokteran yang mengabdikan diri untuk perawatan medis primer.

Jawabannya adalah ya berulang-ulang, dan dengan bantuan mereka, kami mengenali langkah sederhana yang perlu dilakukan untuk membantu setiap orang di rumah untuk menumbuhkan kebiasaan yang lebih baik. Si kecil belajar dengan melihat Anda, lagipula pendekatan seluruh keluarga adalah kuncinya. Oleh Gail O’Connor dikutip dari www.parentsindonesia.com.

 

Bagaimana Rencananya Berjalan

Setiap minggu, Anda bertujuan membuat perubahan kecil dalam hal kebugaran, nutrisi, kesehatan, dan kebahagiaan. Beberapa hal akan berlaku hanya pada Anda dan pasangan, tapi sebagian besar juga akan melibatkan anak. Tujuan empat minggu pertama adalah sebagai berikut, dan kita akan punya tujuan lainnya dalam dua edisi ke depan, sehingga semuanya total 12 minggu. Langkah kecil berikut akan membantu Anda lebih bersemangat, memutuskan konsumsi makanan yang lebih cerdas, dan menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam hidup Anda yang sibuk. Anda bisa mulai sekarang juga, tapi bagusnya program ini adalah tidak ada waktu yang “salah” untuk mulai melakukannya. Siap? Lakukan!

Minggu 8

Lakukan Olahraga Cepat

Untuk setiap kilogram otot yang Anda dapatkan, Anda akan membakar 35-50 kalori setiap hari dan ini terus bertambah. Dengan dua bulan olahraga penguatan selama 30-60 menit selama 2-3 kali seminggu, Anda bisa mengharapkan mendapatkan hampir 1 kg otot dan kehilangan 1,5 kg lemak. “Belilah sepasang dumbble dengan bobot berkisar dari 1,1-4,5 kg, atau resistance band yang Anda bisa gunakan di mana saja,” tutur Dr. Pasternak. Berinvestasilah pada DVD pelatihan kekuatan jika diperlukan, dan buatlah otot bekerja dua kali seminggu.

 

Jadwalkan Makan di Luar

Buatlah komitmen untuk makan di rumah lebih sering untuk dua minggu ke depan. Penduduk Amerika tercatat makan di luar rata-rata sekitar lima kali, demikian analisis Temple University, dan sebagian besar makanan tersebut adalah makanan cepat saji (baik itu sarapan, makan siang, atau makan malam). Masaklah sesering Anda bisa, saran Stephen Adams, MD, dokter keluarga di Chattanooga, Tennessee. “Bahkan jika Anda menggunakan resep Nenek, yang mungkin memiliki banyak lemak dan garam dan ukuran porsinya besar resep ini masih menjadi makanan yang lebih sehat daripada kebanyakan makanan yang Anda santap di restoran.

 

Hentikan Rokok

Anda mungkin sudah cukup mendengar pesan tentang merokok dan risiko penyakit dan kematian. Namun ada juga isu ini: kualitas hidup. “Tanyakan kepada diri sendiri: Saat berusia 60 tahun, apakah Anda ingin membatasi aktivitas karena Anda membutuhkan oksigen?” kata Dr. Blackburn. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang berusaha berhenti lebih sukses jika menjalani program berhenti merokok. Untuk sekarang, buatlah batasan seperti ini: “Putuskan, ‘Aku tidak akan merokok di mobil lagi’,” kata Dr. Blackburn. “Bersihkan mobil Anda baik-baik, dan tetap lakukan hal tersebut. Itu paling tidak akan mengurangi satu rokok Anda hari ini.

 

Luangkan Waktu untuk Keluarga

Jika memandang satu halaman yang penuh dengan daftar kewajiban membuat Anda cemas, ada sesuatu yang harus dikorbankan, kata Dr. Klinkman. Siapkan diri paling tidak sehari dalam seminggu, tuliskan saja “waktu kita” pada kalendar seperti jika Anda merencanakan rapat dan nikmati kesempatan untuk melakukan sesuatu  yang belum Anda rencanakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement