Jumat 24 Apr 2015 18:18 WIB

Trik 12 Minggu Menuju Keluarga Sehat (4)

Kebiasaan makan sehat termasuk diawali dengan mengetahui cara mengolah makanan agar lebih sehat.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kebiasaan makan sehat termasuk diawali dengan mengetahui cara mengolah makanan agar lebih sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dapatkah Anda dan keluarga Anda menjadi lebih bugar, sehat, dan bahagia hanya dalam tiga bulan? Ini adalah pertanyaan yang kami ajukan kepada para dokter dari American Academy of Family Physicians (AAFP), kelompok yang terdiri dari 97.600 dokter dan mahasiwa kedokteran yang mengabdikan diri untuk perawatan medis primer.

Jawabannya adalah ya berulang-ulang, dan dengan bantuan mereka, kami mengenali langkah sederhana yang perlu dilakukan untuk membantu setiap orang di rumah untuk menumbuhkan kebiasaan yang lebih baik. Si kecil belajar dengan melihat Anda, lagipula pendekatan seluruh keluarga adalah kuncinya. Oleh Gail O’Connor dikutip dari www.parentsindonesia.com.

 

Bagaimana Rencananya Berjalan

Setiap minggu, Anda bertujuan membuat perubahan kecil dalam hal kebugaran, nutrisi, kesehatan, dan kebahagiaan. Beberapa hal akan berlaku hanya pada Anda dan pasangan, tapi sebagian besar juga akan melibatkan anak. Tujuan empat minggu pertama adalah sebagai berikut, dan kita akan punya tujuan lainnya dalam dua edisi ke depan, sehingga semuanya total 12 minggu. Langkah kecil berikut akan membantu Anda lebih bersemangat, memutuskan konsumsi makanan yang lebih cerdas, dan menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam hidup Anda yang sibuk. Anda bisa mulai sekarang juga, tapi bagusnya program ini adalah tidak ada waktu yang “salah” untuk mulai melakukannya. Siap? Lakukan!

Minggu 4

Ajak Anak Jalan-jalan

Si kecil yang berusia 2 tahun mungkin sering memaksa Anda menggendongnya dari mobil ke pintu rumah, tapi keajaiban terjadi pada kebanyakan anak saat diajak berjalan-jalan di alam bebas. “Anak-anak, bahkan yang masih kecil, biasanya mengejutkan orang tuanya dengan stamina mereka saat berjalan kaki,” Dr. Pasternak berkata. Bekali diri dengan air dan makanan sehat, ikuti jalur yang sudah ditandai, dan nikmatilah pagi hari di alam bebas yang berkesan.

 

Kurangi Kafein

Perangko-perangko kecil yang Anda kumpulkan dari berbelanja di coffee shop sudah banyak? Ya, kita perlu membicarakannya. “Kita tahu kafein yang tidak terlalu banyak boleh-boleh saja untuk orang dewasa,” ujar Dr. Gold. “Tapi pada beberapa orang, kafein bisa menyebabkan mudah marah, gangguan tidur, bahkan masalah psikis.” Kita harus berhati-hati dalam budaya kopi. “Empat sampai tujuh cangkir sehari (500-600 mg) digolongkan sebagai konsumsi kafein yang berat, tapi jika Anda sensitif terhadap kafein (misalnya jadi sulit tidur di malam hari) bahkan secangkir kopi di siang hari bisa membuat Anda mudah marah atau mengganggu tidur. Mulai minggu ini, cobalah alternatif seperti seltzer, yang tersedia dalam rasa dari black cherry sampai jeruk mandarin, atau es teh manis buatan sendiri.

 

Makan Bersama Keluarga

"Hal terbaik yang bisa Anda lakukan bagi anak adalah dengan menyediakan waktu untuk bersama mereka. Waktu makan adalah saatu yang tepat untuk itu," kata Michael Klinkman, MD, lektor kepala di departemen pengobatan keluarga dan  University of Michigan di Ann Arbor. Jika Anda tidak bisa berbagi makanan, berkumpul mengelilingi meja untuk makan salad buah (makanan pencuci mulut mereka, makan utama pertama Anda) saat pulang kantor, atau niatkan untuk meluangkan waktu setengah jam untuk si kecil.

 

Pilih Tim Kesehatan

Jika Anda pernah pernah merasa tidak puas dengan perawatan yang pernah didapatkan, dokternya kurang perhatian, perjanjian dengan dokter terburu-buru, stafnya berlebihan atau kasar, atau ruang praktiknya berantakanb, erarti sudah waktunya untuk mencari dokter lain. Tanyakan kepada teman dan keluarga untuk rekomendasi, dan jangan malu meminta bertemu dengan dokter-dokter baru tertentu, terutama dokter yang kemungkinan besar akan sering Anda kunjungi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement