Kamis 23 Apr 2015 10:24 WIB

Ingin Umur Panjang, Yuk Konsumsi Makanan Ini

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Coklat
Foto: Telegraph
Coklat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia memang tidak ditakdirkan untuk hidup abadi, namun manusia bisa mengusahakan untuk hidupnya berjalan lebih lama dengan cara menjaga kondisi tubuh dan kesehatan.

Salah satu cara memperpanjang umur tubuh manusia dengan mengkonsumsi makanan yang menunjang kesehatan tubuh. Dilansir dari Telegraph, Kamis (23/4), berikut ini daftar makanan yang bisa memperpanjang umur manusia.

Coklat

Meskipun tinggi lemak, dark chocolate ini diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Para ilmuwan di Harvard Medical School telah menemukan bahwa minum dua cangkir cokelat panas per hari dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mencegah penurunan daya ingat pada orang tua. Penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal terkait konsumsi  dark chocolate menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi dark chocolate dapat menurunkan 37 persen risiko penyakit jantung dan 29 persen penurunan risiko stroke dibandingkan dengan orang yang jarang atau bahkan tidak sama sekali mengkonsumsinya.

Minyak Zaitun

Merupakan sebuah komponen kunci dari Diet Mediterania, terutama jenis extra virgin, terkait dengan kaya akan manfaat kesehatan termasuk penurunan risiko penyakit jantung dan serangan jantung pada orang lanjut usia yang berisiko tinggi mengidap kardiovaskular. Para ilmuwan juga telah meneliti senyawa oleocanthal yang ditemukan dalam minyak zaitun extra virgin berguna untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer, penuaan kulit, dan osteoporosis.

Kopi

Penelitian yang tentang kopi menjelaskan bahwa asupan kopi tanpa gula memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, penyakit hati dan kesehatan jantung. Hal ini juga terkait dengan penurunan risiko penurunan mental. Sebuah studi dalam Journal of Alzheimer menemukan bahwa peminum kopi secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk menderita demensia di kemudian hari daripada mereka yang minum sedikit atau tidak meminum kopi sama sekali.

Sayuran Hijau

Menurut Departemen Pertanian AS, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kale, lobak Swiss, dan romaine lettuce mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang membuat sayuran itu menjadi penangkal penyangkit kanker. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa makan 2 sampai 3 porsi per minggu dapat menurunkan risiko penyakit perut, payudara dan kanker kulit, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak Ikan

Mengkonsumsi ikan telah lama dikaitkan dengan makanan yang dapat menjaga kesehatan dengan baik. Banyak mengkonsumsi jenis ikan salmon, makarel, dan ikan yang kaya akan minyak lainnya mengandung asam lemak omega-3. Penelitian menunjukkan, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kemungkinan manusian memilikin umur panjang. Sebuah studi oleh Harvard School of Public Health dan University of Washington menemukan bahwa orang lanjut usia yang mendapat makanan tinggi asam lemak omega-3 menurunkan risiko kematian mereka hingga 27 persen dan hidup 2,2 tahun lebih lama dibandingkan dengan yang rendah mengkonsumsi ikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement