Kamis 23 Apr 2015 09:03 WIB

Tidak Bisa Tidur? Coba Lakukan Ini

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi Insomnia.
Foto: NYTimes.com
Ilustrasi Insomnia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak bisa tidur merupakan hal yang menyebalkan, terlebih lagi jika tubuh sudah lelah setelah aktivitas sehari-hari. Stres adalah salah satu alasan paling umum penyebab sulitnya tidur.

Hal ini dapat membuat terjaga sampai pagi dan saat memulai kembali aktivitas harian mungkin akan merasa mengantuk, lelah, dan mudah tersinggung. Tugas-tugas pun tidak dapat terselesaikan hingga berakhirnya siang dan hal itu dapat menyebabkan stres sehingga berakibat tidak bisa tidur kembali di malam hari.

Namun, stres bukanlah satu-satunya alasan insomnia. Kadang-kadang tidak bisa tertidur terjadi tanpa alasan yang jelas. Meski kondisi tenang, bahagia, dan tidak terikat masalah berat, terkadang tetap terkena insomnia. Di lansir dari Womanitely, ada empat hal yang dapat dilakukan setiap kali insomnia menyerang.

 

Menulis Buku Harian

Ambillah buku harian dan mulailah menuliskan hal-hal yang mengkhawatirkan dan menjadi masalah. Ini merupakan cara terbaik untuk berhenti memikirkan hal-hal tersebut. Setelah selesai menulis, mulailah memikirkan hal-hal yang membahagiakan dalam hidup. Coba tuliskan 10 hal yang patut disyukuri dalam hidup. Dengan begitu tingkat stres yang dialami akan sedikit berkurang dan menimbulkan manfaat baik lainnya, seperti menemukan solusi dari masalah yang sedang dialami dan mulai melihat hal-hal dari sisi positifnya.

Meditasi

Meditasi sangat populer saat ini karena salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres, kecemasan dan depresi. Meditasi juga dikenal untuk mencegah dan memerangi gangguan tidur. Bermeditasi membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang sehingga membantu membuat tidur lebih nyaman sepanjang malam. Berdoa juga merupakan salah satu cara bermeditasi yang baik dan sangat disarankan.

Baca b=Buku

Membaca di tempat tidur adalah cara yang populer dan efektif membuat tertidur lebih cepat. Jika tidak suka membaca buku, coba bacalah  selama 20 menit, akan timbul rasa bosan yang membuat mengantuk dan tanpa disadari sudah tertidur begitu saja. Jika pecinta buku, hidarilah membaca buku-buku yang menarik dan favorit, karena justru bisa berakhir dengan membaca buku sepanjang malam.  Cobalah memilih buku inspirasional atau ilmu yang dihindari untuk membaca sebelumnya.

Bermain Dengan Hewan Peliharaan

Setelah seharian beraktivitas, bermain dengan hewan peliharaan menjadi pilihan yang membuat tubuh rileks dan nyaman. Bermainlah dengan hewan peliharaan selama beberapa menit sebelum pergi ke tempat tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement