Rabu 22 Apr 2015 08:54 WIB

Makna di Setiap Mimpi Buruk saat Hamil

Tidur cukup kala hamil (Ilustrasi)
Tidur cukup kala hamil (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu hamil sering mengeluh mimpi buruk selama hamil. Pakar kehamilan berpendapat ketakukan berlebih pada mimpi buruk ternyata bisa berpengaruh pada proses persalinan dan kehidupan pascamelahirkan.

Mimpi buruk yang menggangu tidur sangat biasa di kalangan ibu hamil. Faktanya 42 persen ibu hamil bermimpi bayi mereka ada dalam bahaya. Berdasarkan penelitian, mimpi buruk adalah refleksi kekhawatiran si ibu pada terhadap proses persalinan yang tidak berjalan lancar, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Namun pada minggu-minggu akhir kehamilan, mimpi buruk akan berubah menjadi indah. Mimpi tentang bintang, binatang, perjalanan hidup, dan mimpi bertema teatrikal adalah cerminan kehidupan nyata si ibu.

Seorang ibu di Amerika Serikat Amanda Moses bercerita kalau ia mimpi aktor Johnny Depp menang Piala Oscar. “Saya berada di sebelah Johnny dan menangis. Saya juga mengucapkan pidato terima kasih kepada penonton,” katanya. Setelah bangun, kata Amanda perasaannya sangat puas dan ia berharap mimpi di awal kehamilan sama menyenangkannya pada saat akhir menjelang persalinan.

Sementara Psikolog dan pengarang buku of Every Dream Interpreted Veronica Tonay, Ph.D. berpendapat ibu hamil juga biasanya bermimpi tentang binatang. “Ternyata binatang yang mereka mimpikan punya sifat seperti manusia,” katanya. Kenapa binatang sering muncul? Veronica menambahkan, itu karena binatang melambangkan pertemanan dan bisa membuat si ibu merasa tenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement