Kamis 09 Apr 2015 16:07 WIB

Tanjung Lesung akan Bangun Pariwisata Kejayaan Sultan Ageng Tirtayasa

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.
Foto: Tanjung Lesung
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengembangan pariwisata Tanjung Lesung akan dilakukan dari berbagai lini. Terletak di Provinsi Banten, perusahaan pengembang kawasan industri PT Jababeka akan meningkatkan pariwisata dengan mengembalikan kejayaan Sultan Ageng Tirtayasa yang termasyhur.

"Kita mau bangun kejayaan Sultan agung Tirtayasa si Tanjung Lesung. Siapa yang enggak kenal dia," kata Direktur Utama PT Jababeka Setyono Djunadi Darmono pasa acara launching penjualan hotel yang akan dibangun di Tanjung Lesung, Rabu (8/4) di Batavia Marina Hotel, Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Pahlawan asal Banten tersebut sangat termahsyur tak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Oleh karena itu salah satu program meningkatkan wisatawan di Tanjung Lesung, ia mengatakan akan membangun museum yang isinya menceritakan kehidupan Sultan Ageng Tirtayasa.

Ini tentunya akan kembali mengingatkan sosok pemberani penentang bangsa asing. Masyarakat Banten juga pasti akan sangat bangga dengan suku dan tanah kelahirannya.

Ia menyebutkan diharapkan program ini nantinya akan mendongkrak jumlah wisatawan yang datang berlibur ke wilayah bagian barat Banten itu. Ini juga merupakan bagian dari pembangunan fasilitas lainnya yang akan terus dioptimalkan sebagai pendukung.

Sultan Ageng Tirtayasa adalah pahlawan yang berkuasa di Kesultanan Banten pada periode 1651-1683. Ia memimpin banyak perlawanan terhadap Belanda. Ia dinilai tidak takut pada bangsa asing. Lewat kepemimpinannya juga Banten menjadi kerajaan Islam terbesar di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement