Senin 06 Apr 2015 07:39 WIB

Ingin Jadi Hands On Father? Mulai dengan Cara Ini (2-Habis)

Rep: MGROL 33/ Red: Indira Rezkisari
Seorang ayah bersama anaknya menikmati tumbuhan yang terdapat di Hutan Kota Srengseng, Pengumben, Jakarta Barat, Kamis (12/3). (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Seorang ayah bersama anaknya menikmati tumbuhan yang terdapat di Hutan Kota Srengseng, Pengumben, Jakarta Barat, Kamis (12/3). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak anggapan jika laki-laki atau Ayah tidak pantas untuk melakukan pengasuhan kepada anak. Stereotip seperti itu bahkan tercipta sejak lama dalam masyarakat, di belahan dunia mana pun.

Namun, aktor Ashton Kutcher memicu komentar setelah ia mengunggah pertanyaan di akun Facebooknya. Ia mengatakan, adakah pria yang pernah mengganti popok anaknya di toilet stasiun.

Pernyataan Kutcher dipandang positif sebab ia mendukung kaum ayah yang turut mengasuh anak-anaknya. Ya, mengasuh anak memang tidak hanya pekerjaan wanita. Ayah tidak hanya berperan untuk mencari nafkah, tetapi juga dapat melakukan sesuatu untuk keluarga.

Inilah tips bagi seorang Ayah untuk melakukan turut terlibat mengasuh anak-anaknya, dikutip dari Mashable, Senin (6/4).

Tinggalkan pekerjaan untuk membantu anak

Ibu biasanya lebih sering melakukan pertemuan antara orang tua dan guru, dan menemani anak sakit ke dokter. Hal ini terkadang membuat perempuan lebih sering dianggap tidak memiliki komitmen dalam mengurusi pekerjaan karena terlalu sering mengurusi keluarga. Ayah mampu memainkan peran ini dalam mengubah harapan dengan mengelola pekerjaan dan tanggung jawab di rumah secara bersamaan.

Membersihkan rumah

Setelah perempuan pulang bekerja biasanya mereka melakukan pekerjaan rumah, dan itu sangat menguras tenaga mereka. Lupakan perdebatan tentang ayah dan ibu memiliki standar yang berbeda untuk kebersihan. Cobalah Anda melakukan pekerjaan untuk membersihkan rumah agar dapat mengurangi beban istri Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement