Ahad 05 Apr 2015 06:31 WIB

Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil

Morning sickness
Foto: Huffingtonpost
Morning sickness

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu keluhan utama yang muncul pada trimester awal kehamilan adalah morning sickness. Morning sickness disebabkan adanya peningkatan kadar hormon Beta HCG dalam darah pada trimester pertama kehamilan.

DR. Dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG dari FKUI-RSCM mengungkapkan, keluhan ini mulai muncul segera setelah terjadi kehamilan dan mulai menghilang pada usia kehamilan 16 minggu, karena pada usia ini fungsi hormon beta HCG sudah digantikan oleh terbentuknya plasenta janin.

Cara mengatasi keluhan dikutip dari www.parentsindonesia.com.

 

1. Lakukan aktivitas yang cukup atau olah tubuh secara teratur.

2. Pilih aktivitas yang masih aman untuk kehamilan, seperti jalan pagi atau berenang bagi yang sudah biasa. "Aktivitas teratur akan memudahkan terjadinya metabolisme dan pengeluaran sisa hormon beta HCG dari dalam tubuh melalui urin," ujar Dr. Ovy.

3. Minum dalam jumlah cukup secara teratur, minimal 2.500 ml sehari.

4. Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. "Menurunnya gerak usus akan menyebabkan lemak sulit dicerna dan menimbulkan rasa kembung dan meningkatkan rasa mual karena keberadaan hormon beta HCG," tambahnya.

5. Pada sebagian orang, mengonsumsi suplemen vitamin B6, atau permen jahe memang bisa mengurangi rasa mual, tapi yang terpenting adalah memperhatikan tiga faktor di atas, karena tanpa mengendalikannya, obat-obatan dan suplemen tidak akan bermanfaat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement