Kamis 26 Mar 2015 18:38 WIB

Mengenal Anak, Kunci Memilih Sekolah Yang Tepat

Rep: MGROL 38/ Red: Indira Rezkisari
Seorang guru tengah membimbing muridnya di BKB Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mawar, Manggarai, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (30/8).  ( Republika/Rakhmawaty La'lang)
Seorang guru tengah membimbing muridnya di BKB Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mawar, Manggarai, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (30/8). ( Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak, psikolog Universitas Pancasila Aully Grashinta mengatakan perlunya bagi orang tua untuk mengenali minat serta bakat yang dimiliki anak.

“Mengenal ‘siapa’ anak kita adalah kunci agar kita bisa mengembangkan kemampuan yang dimilikinya,” ujar Shinta, Kamis (26/3). Shinta juga mengatakan bahwa mengenal anak bisa diperoleh melalui informasi yang didapat dari orang sekitar, bantuan psikolog, atau pengasuh si anak.

Namun tidak hanya orang tua, sekolah pun juga perlu untuk mengenal baik fisik maupun non fisik si anak. Hal tersebut untuk memastikan bahwa sekolah yang dipilih orang tua tepat untuk anak.

“Memang sudah ada beberapa sekolah yang melakukan wawancara terlebih dahulu dengan orang tua supaya mereka mengenal baik fisik maupun non fisik anak,” kata Shinta. Mengenal fisik misalnya mengetahui penyakit yang diderita anak semisal alergi, epilepsi, atau asma. Sedangkan mengenal secara non fisik misalnya mengetahui kebiasaan-kebiasaan buruk anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement