Kamis 26 Mar 2015 16:02 WIB

Tips Aman Berenang dengan Anak

Anak berenang
Foto: pixabay
Anak berenang

REPUBLIKA.CO.ID, Bayangkan, hanya dalam beberapa detik Anda lalai mengawasi si kecil di kolam renang dan tiba-tiba Anda melihatnya terbenam di dasar kolam renang. Merasa ketakutan, naluri pertama Anda adalah langsung terjung ke kolam renang.

Jangan lakukan itu. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menelepon instalasi gawat darurat (IGD), lalu mengambil sesuatu yang bisa mengapung –seperti rakit ataupun bantal sofa- sebelum Anda meloncat ke dalam, begitu saran para ahli.

“Kebanyakan orang sebenarnya bukan seorang perenang yang kuat untuk bisa menarik anak dari dasar kolam renang tanpa menggunakan alat-alat yang mengapung,” ujar BJ Fisher, direktur Health and Safety dari American Lifeguard Association, dikutip dari www.parentsindonesia.com. “Anak yang tenggelam bisa menyeret Anda ke dasar.” Ini hanyalah satu dari sekian banyak kesalahan yang dibuat orang tua saat menghadapi keadaan mengerikan.

Lakukan hal ini demi keamanan anak di kolam renang:

 

- Menugaskan satu orang dewasa untuk mengawasi anak-anak berenang. Ia tidak boleh lengah dan berpaling ke arah lain meski hanya beberapa detik. Setelah 15 atau 30 menit, ia bisa menugaskan orang tua lainnya untuk bergantian mengawasi.

- Selalu periksa keadaan kolam renang terlebih dahulu saat Anda menyadari seorang anak tiba-tiba menghilang. Setiap detika berharga!

- Jika anak-anak yang berenang bersama dalam jumlah banyak, sebaiknya orang dewasa yang mengawasi mereka berenang tidak hanya satu. (untuk anak-anak di bawah 9 tahun, yang ideal adalah satu orang dewasa mengawasi tiga anak).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement