Rabu 11 Mar 2015 08:08 WIB

Hanya Butuh Lima Tahun, Gen FM Juara di Surabaya

Rep: Andi Nurroni/ Red: Erik Purnama Putra
Direktur Utama PT Mahaka Media Adrian Syarkawi.
Foto: Republika/Prayogi
Direktur Utama PT Mahaka Media Adrian Syarkawi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Stasiun Radio Gen FM Surabaya yang berada di bawah naungan PT Mahaka Media merayakan ulang tahun ke-5 pada Selasa (10/3). Meski terbilang pendatang baru di Kota Pahlawan, stasiun radio yang mengudara di frekuensi 103,1 FM tersebut telah menjadi radio nomor satu untuk segmen anak muda.

Direktur Utama PT Mahaka Media Adrian Syarkawi mengatakan, Gen FM Surabaya dalam hal bisnis semakin berkembang. Hal tersebut dibuktikan dengan target break event point (BEP) yang sudah terlampaui sejak diluncurkan pada 2010.

“Secara bisnis, Gen FM Surabaya sangat sehat dan bisa berdiri sendiri, tanpa tergantung pada induknya di Jakarta,” ujar Adrian dalam peringatan ulang tahun Gen FM Surabaya di salah satu restoran di Surabaya, Selasa (10/3).

Meski mencapai peringat nomor satu untuk segmen anak muda, kata Adrian, untuk keseluruhan segmen, Gen FM Surabaya masih nomor enam. Adrian menekankan, hal tersebut menjadi tantangan Gen FM Surabaya ke depan. “Di Jakarta (Gen FM Jakarta), kita sudah nomor satu sejak 2010. Di Surabaya, kita targetkan tahun ini menjadi nomer satu untuk seluruh segemen,” katanya.

Sebagai orang lama yang berkecimpung di bisnis radio, Adrian masih optimistis, peluang usaha di bidang itu masih terbuka lebar. Menurut dia, keberadaan platform internet bukan membunuh radio, melainkan menjadi pelengkap. “Dengan internet, orang mudah mendengar radio di manapun secara streaming. Jadi internet melengkapi, bukan membunuh.”

Tak hanya memasang target materi, lanjut Adrian, Gen FM Surabaya juga berkomitmen memberikan kontribusi secara sosial bagi masyarkat. Itu lantaran frekuensi yang digunakan radio komersial hari ini adalah milik publik. Sehingga, perusahaannya wajib memberikan sumbangsih untuk masyarakat.

“Kita sekarang sedang mengampanyekan musik Indonesia. Musik Indonesia harus berjaya di negeri sendiri. Kita juga mengampanyekan gerakan anti-narkoba, tentunya dengan gaya Gen FM,” ujar Adrian.

Gen FM Surabaya merupakan salah satu unit usaha di bawah grup Mahaka Media. Selain Gen FM Surabaya dan Jakarta, Mahaka Media juga membawahi Harian Republika, Republika Online, Jak TV, Mahaka Picutre, dan sejumlah usaha lain di bidang media.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement