Selasa 10 Mar 2015 14:09 WIB

Ini Tanda Ungkapan Cinta Bayi ke Orang Tuanya (1)

Bayi juga memiliki tanda yang menandakan rasa cintanya pada orang tuanya.
Foto: AP
Bayi juga memiliki tanda yang menandakan rasa cintanya pada orang tuanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Bayi baru mulai menyebutkan satu atau dua patah kata di usia 11 bulan. Tapi bukan berarti dia tidak bisa berkomunikasi. Ia berkomunikasi dengan bahasa tubuh yang kadang samar sehingga Anda tidak sadar.

Bahasa tubuh bukan saja untuk menyampaikan hal-hal mendasar seperti lapar, haus, atau sakit. Bayi sudah bisa merasakan getaran cinta Anda. Selain merasakan, si kecil bisa membalasnya dengan mengungkapkannya melalui bahasa tubuh. Inilah beberapa ungkapan cinta bayi, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Ungkapan Cinta #1 Dia mengenali dan memilih Anda

Apa yang doiakukannya: Dia akan memandangi Anda terus. Bayi sudah mengenali wajah dan aroma tubuh ibunya sejak lahir. Studi oleh MacFarlane terhadap bayi berusia 6 hari yang diberikan ASI, menemukan bahwa bayi menggunakan daya penciuman untuk mengenali ibunya.

Dalam penelitian itu bayi diletakkan di antara dua breast pad yang salah satunya adalah milik sang ibu. Hanya dengan mencium aroma ASI ibunya di breast pad, bayi akan menoleh dan lebih memilih breast pad tersebut.

Respon dengan: Anda bisa menghubungkan suara dan aroma yang dikenalinya dengan sesuatu yang bisa dilihatnya: wajah Anda. Gendong bayi dalam pelukan sambil menatapnya dan bicaralah kepadanya. Dari sini bayi akan mulai memelajari wajah ibunya sambil mengingatnya sebagai pengalaman yang nyaman dan penuh cinta.

Ungkapan Cinta #2 Dia ingin bersama Anda

Apa yang dilakukannya: Mengangkat dan mengulurkan tangannya agar Anda menggendongnya. Akuilah, saat si kecil sedang digendong orang lain dan dia melihat Anda lalu mengulurkan tangan dan mencondongkan tubuhnya ke arah Anda adalah momen yang membuat “meleleh”.

Sejak awal bayi memang suka digendong, tapi butuh waktu sekitar enam bulan sampai akhirnya mereka bisa memiliki kemampuan fisik dan kognitif untuk minta digendong oleh orang yang disukainya. Ini adalah bahasa tubuh yang mengungkapkan betapa bayi percaya dan menyukai Anda.

Repson dengan: Menyambut uluran tangan mungilnya dan menggendongnya dengan ekspresi gembira.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement