Selasa 10 Mar 2015 10:16 WIB

Ibu Hamil, Jangan Lupa Ini Agar Bayi Sehat

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Susu
Foto: dailyslave.com
Susu

REPUBLIKA.CO.ID, Bila Anda sedang hamil, penting untuk mendapatkan nutrisi seimbang dan tepat untuk bayi Anda. Anda tidak perlu melakukan diet khusus, namun cukup ikuti panduan makanan sehat untuk memastikan bayi Anda terlahir dengan sehat, dilansir dari Mother & Baby, Selasa (10/3).

Susu

Kalsium sangat penting selama hamil untuk membangun tulang dan gigi kuat. Makanan seperti susu, keju, dan yoghurt merupakan sumber kalsium utama, namun ada beberapa jenis yang perlu dihindari. Susu dan keju lunak yang tidak dipasteurisasi, serta keju brie dan camembert perlu dihindari sebab mengandung bakteri. Anda juga harus menghindari keju soft blue-veined, seperti Danish blue, gorgonzola, dan roquefort.

Makanan ringan

Jika Anda lapar di antara dua waktu makan, katakan tidak untuk keripik, coklat, dan biskuit. Pilihlah makanan ringan yang rendah lemak, seperti buah segar dan sayuran kering. Lebih baik mengurangi minuman bersoda, dan cobalah teh herbal sebagai gantinya.

Suplemen

Meskipun yang terbaik adalah mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan yang Anda makan, ibu hamil disarankan mengonsumsi suplemen untuk menyempurnakan nutrisi mereka saat hamil. Pilih multivitamin khusus ibu hamil, terutama yang mengandung vitamin A dan asam folat. Jika tidak, maka Anda harus menyiapkan setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari dari makanan-makanan yang Anda makan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement