Selasa 10 Mar 2015 09:32 WIB

Makanan Ibu Hamil agar Dapatkan Bayi Sehat

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Buah dan sayuran
Foto: blogspot.com
Buah dan sayuran

REPUBLIKA.CO.ID, Bila Anda sedang hamil, penting untuk mendapatkan nutrisi seimbang dan tepat untuk bayi Anda. Anda tidak perlu melakukan diet khusus, namun cukup ikuti panduan makanan sehat untuk memastikan bayi Anda terlahir dengan sehat, dilansir dari Mother & Baby, Selasa (10/3).

Buah dan sayuran

Dokter selalu menyarankan ibu hamil makan banyak buah dan sayuran. Selain mengandung vitamin dan mineral, buah dan sayuranini merupakan sumber serat terbaik, melancarkan pencernaan, dan mencegah efek samping kehamilan yang umum, seperti sembelit.

Ketika mempersiapkan buah dan sayur segar, pastikan Anda mencucinya dengan baik. Buah, sayuran, dan salad mungkin saja mengandung parasit toxoplasma yang bisa membahayakan bayi Anda sebelum lahir. Memasak sayur dengan cara dikukus atau direbus lebih menjamin keutuhan nutrisi mereka ketimbang sayuran yang ditumis.

Karbohidrat

Karbohidrat mungkin memiliki popularitas buruk di kalangan wanita yang suka diet. Namun, bagi ibu hamil, karbohidrat adalah kebutuhan utama sebagai sumber vitamin dan serat yang bisa membuat kenyang lebih lama. Anda harus menyertakan karbohidrat, seperti roti, kentang, pasta dan mi setiap kali makan.

Protein

Protein itu tak ubahnya seperti pondasi rumah bagi ibu hamil, sehingga sangat penting memastikan kecukupannya. Makanlah protein sekali sehari, seperti kacang-kacangan, susu, telur, ikan, ayam, dan daging tanpa lemak.

New York Health Security menyarankan wanita hamil makan dua porsi ikan dalam sepekan, namun menghindari makanan laut mentah, seperti kerang, tiram, atau sushi. Mayoritas makanan laut tersebut mengandung sisa methylmercury, logam yang berbahaya bagi otak janin jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Ketika mempersiapkan telur, unggas, dan daging, pastikan benar-benar matang, bukan setengah matang. Anda juga harus menghindari pate sayuran, sebab mengandung listeria. Anda juga perlu menghindari hati ampela dan jeroan karena mengandung terlalu banyak vitamin A yang bisa membahayakan bayi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement