Ahad 08 Mar 2015 13:43 WIB

Ibu, Ayo Segera Latih Anak Membaca

Anak membaca (ilustrasi)
Anak membaca (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada kata terlalu cepat untuk mengajarkan membaca pada anak dan menjadikannya sebuah kegiatan sosial. Kumpulkan teman-teman si kecil dan mulailah membentuk klub membaca.

Inilah cara membuah mahir anak membaca seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Jalin ikatan

Pilih buku sesuai usia anak. Untuk si kecil, buku cerita tentang kisah Raja Hutan Simba sangat baik untuk dibaca dalam kelompok. Ajak anak lebih besar untuk mulai membaca buku klasik seperti Winnie the Pooh oleh A.A. Milne.

Berdiskusi

Ciptakan pertanyaan seru yang menantang kemampuan anak untuk mendengarkan. Misalnya, jika karakter ini ikut bermain, kira-kira mainan apa yang dia suka?atau Kira-kira ada apa dalam boks bekal makan siangnya?

Bergabung

Dengan tumbuhnya anak, mulailah membentuk grup baca formal. Pilih hari dalam sebulan untuk melakukan pertemuan, dan di rumah yang berbeda agar tugas tuan rumahnya bergantian. Siapkan camilan lucu sesuai cerita dalam buku.

Bacakan

Ketika bayi berusia 1 tahun dia akan menirukan apa yang dia lihat dan dengar. Ketika menjelang tidur malam bacakan cerita pengantar tidur, tidak perlu banyak buku cukup satu atau dua cerita sudah bisa membuat bayi Anda terbiasa berkomunikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement