Ahad 01 Mar 2015 10:55 WIB

Beginilah Cara Mengajarkan Balita Membaca

Balita belajar membaca/ilustrasi
Foto: babble.com
Balita belajar membaca/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada umumnya anak berusia antara 5-6 tahun belum bisa membaca buku secara lancar. Tetapi tidak jarang kita melihat anak yang usianya di bawah  5 tahun telah mengenal huruf, angka dan warna dengan baik.

Jika anak Anda belum mengenal huruf dan angka dengan baik buru-buru berkecil hati. Cobalah cara di bawah ini supaya anak Anda lebih cepat mengenal huruf dan angka lebih cepat, seprti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Anak memilih kata-kata dengan cepat untuk alasan yang tidak diketahui. Carilah petunjuk ini untuk membantu anak Anda membaca. Jika anak Anda bisa mengingat McDonalds, KFC atau merek makanannya favoritnya, itu berarti anak Anda dapat mengingat warna dan kata-kata dengan baik. Cobalah membuatnya sesi belajar dan mengajarkan kepadanya huruf dan warna.

Jika Anda berencana mengajarkan membaca batita, sebaiknya tidak menjadwalkannya karena dia mungkin tidak tertarik. Biarkan dia belajar menurut suasana hatinya. Buku bergambar adalah cara terbaik untuk mulai belajar, Anda bisa membuat cerita sendiri gambar yang ada dan ceritakan kepada balita Anda. Dia akan menikmati banyak warna serta mendengarkan cerita-cerita. Inilah cara yang bagus untuk belajar.

Selain itu, mulailah dengan angka 1-10 dan mengajarinya bermain game seperti ludo. Atau nomori tangga rumah dan biarkan dia berteriak menurut nomor tangga yang diinjaknya. Anak Anda akan menikmatinya belajar dengan cara seperti ini.

Anda juga bisa mengajarkan alphabet, katakan huruf A untuk Ayam dan huruf M untuk makan, dengan cara ini anak Anda akan cepat belajar huruf sekaligus membaca. Bisa pula Anda membuat lagu sederhana dari huruf dan angka dan menggunakan rima yang sederhana. Buat dia mau bernyanyi dengan begitu dia akan memahami huruf dan angka dalam waktu singkat.

Ingat! bayi Anda dapat membaca dan belajar adalah karena metode belajar yang tepat dan mudah dipahami. Ajarkan anak Anda membaca ABC dengan cara-cara yang sangat sederhana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement